Search

Fakta Penerimaan CPNS 2019, Syarat Hingga Soal Tes

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan mulai membuka pendaftaraan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 11-24 November 2019 mendatang. Berikut adalah syarat yang harus dipersiapkan saat melamar dan beberapa kisi-kisi tentang soal Tes CPNS 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan, para pelamar harus teliti sebelum mendaftar.


Hal yang pertama kali harus dilakukan, kata Bima adalah membaca secara detail mengenai kriteria dari posisi yang akan dilamarnya. Pasalnya, para pelamar hanya boleh mendaftar dengan satu kali kesempatan, untuk satu formasi atau satu jabatan saja.

Apabila pelamar saat melakukan pendaftaran dan ingin mengubah posisi yang dilamar, itu mustahil bisa dilakukan.

"Proses aplikasi untuk mengubahnya tidak kami buat, kita tidak memiliki fasilitas jika salah mendaftar," ujar Bima di kantor KemenPAN-RB, Rabu (30/10/2019).

Setelah sudah memastikan posisi apa dan di kementerian/lembaga mana dia akan mendaftar, pelamar boleh langsung mengunggah beberapa dokumen, menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.

Pendaftaran CPNS secara daring (online) melalui laman https://ift.tt/2VEWr3m. Adapun, lanjut Bima yang harus dipersiapkan yakni scan foto KTP, pas foto, dan satu swa foto dengan gaya bebas.

"Foto selfie dibutuhkan untuk bisa membedakan. Karena biasanya foto di KTP dengan aslinya berbeda," kata Bima.


Bima juga mengimbau para calon pelamar untuk memastikan ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat, bahwa NIK (Nomer Induk Kependudukan) yang dimiliki adalah Valid.

"Jadi sementara itu yang saya sampaikan, untuk pendaftaran penerimaan CPNS yang dimulai pada 11 November 2019. Baca dulu sebelum mendaftar, jangan terburu-buru. Lihat juga KTP nya di Dukcapil dan NIK valid," ucapnya.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2WqMHeK
October 31, 2019 at 02:42PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta Penerimaan CPNS 2019, Syarat Hingga Soal Tes"

Post a Comment

Powered by Blogger.