Search

IHSG Luka Dalam, Jeblok 2% Lebih!

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami luka dalam pada perdagangan pekan ini. Sentimen eksternal dan domestik menjadi beban berat bagi bursa saham Tanah Air.

Sepanjang pekan ini, IHSG amblas 2,19% secara point-to-point. Bursa saham utama Asia pun mengalami derita yang sama. Bahkan beberapa di antaranya mengalami koreksi yang lebih parah ketimbang IHSG.

Berikut pergerakan indeks saham utama Asia sepanjang pekan ini:


 

Kemarin, IHSG ditutup menguat 0,38%. Tetapi sebelumnya indeks melemah selama lima hari beruntun. Selama periode tersebut, pelemahan IHSG mencapai 3,08%.


Apa mau dikata, sentimen yang beredar sepanjang pekan lalu memang tidak mendukung. Dari dalam negeri, aksi demonstrasi masih terjadi setidaknya pada awal-awal pekan.

Mahasiswa dan berbagai elemen massa menggeruduk gedung DPR karena pada awal pekan adalah hari terakhir masa bakti DPR 2014-2019 dan kemudian esoknya disusul oleh pelantikan DPR periode 2029-2014. Bahkan aksi massa sempat berujung pada kericuhan dan perusakan fasilitas publik.

Kemudian Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan data inflasi September. Secara bulanan (month-on-month/MoM) terjadi deflasi 0,27%. Lebih dalam ketimbang konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia yaitu -0,15%.

Sementara realisasi inflasi tahunan (year-on-year/YoY) pada September adalah 3,39% dan inflasi inti tahunan di 3,32%. Tidak terlalu jauh dibandingkan konsensus pasar yang meramalkan inflasi tahunan 3,52% dan inflasi inti tahunan 3,295%.


Rilis data inflasi yang sedikit banyak sesuai dengan ekspektasi pasar membuatnya minim dampak di pasar. Istilah dalam bahasa Betawi, kagak diwaro.

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2VkgTHZ
October 05, 2019 at 04:30PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IHSG Luka Dalam, Jeblok 2% Lebih!"

Post a Comment

Powered by Blogger.