Search

7 Cara Sederhana Melatih Mindfulness di Rumah Gaya Hidup • 09 April 2020 06:58 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi Covid-19 jadi 'cobaan' untuk kesehatan mental banyak orang. Cemas adalah satu hal yang pasti. Berlatih mindfulness bisa membantu meredam cemas yang dirasa.

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya. Dalam praktik mindfulness, seseorang dengan sengaja memusatkan perhatiannya pada apa yang dirasa dan terjadi saat itu juga, serta berlatih menerimanya tanpa melawannya.

Sejumlah penelitian ilmiah telah menemukan bahwa mindfulness jadi elemen kunci dalam menangani stres dan kecemasan.


Tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di kelas meditasi atau yoga, Anda bisa mempraktikkan midfulness sendiri di rumah. Mindfulness juga bisa berarti memperhatikan kehidupan sehari-hari dan hal-hal biasa yang kita lalui.

Jangan lupa bahagia, berikut beberapa trik mindfulness sederhana yang bisa Anda coba, mengutip Healthline.

1. Meditasi dengan panduan aplikasi
Di zaman kiwari, meditasi semudah membuka laman aplikasi. Sejumlah aplikasi telah menawarkan panduan meditasi. Menggunakan panduan dari aplikasi adalah cara tepat untuk memulai meditasi.

2. Menggambar atau mewarnai
Beragam penelitian membuktikan bahwa kreativitas memberikan pengaruh positif pada kesehatan mental. Menggambar atau mewarnai jadi salah satu cara kreatif paling sederhana yang bisa Anda coba.

Sisihkan sedikit waktu Anda untuk menggambar. Saat kreativitas mengalir, di saat itu pula pikiran Anda akan beristirahat.

Jika tak terbiasa menggambar, Anda bisa mencoba mewarnai. Beragam buku mewarnai telah tersedia di pasaran, baik untuk anak ataupun dewasa. Anda bisa mencobanya.

3. Jalan kaki
Berjalan kaki sambil berjemur matahari pagi adalah pilihan tepat untuk saat ini. Sambil berjalan santai, perhatikan suara-suara yang muncul, angin yang menyapuh, dan aroma yang hadir di sekitar Anda.

Simpan ponsel di rumah dan nikmati momen dengan tetap berfokus pada pancaindera serta lingkungan sekitar.

4. Menengok langit malam
Pemandangan langit malam beserta bintang dan bulan memberikan emosi positif tersendiri. Keluar lah sebentar saat malam tiba dan tengok langit malam sambil bernapas perlahan.

5. Menyeduh teh
Menyeduh secangkir teh bisa menjadi salah satu cara latihan mindfulness Anda.

Berikan fokus pada setiap langkahnya. Rasakan aroma teh yang keluar, uap air panas yang menyatu bersama udara, dan rasakan panas cangkir di tangan Anda.

Jika Anda bukan penyuka teh, coba lah cara yang sama dengan menyeduh kopi.

6. Fokus pada satu hal di satu waktu
Pada dasarnya, mindfulness adalah perkara fokus. Atur timer pada ponsel Anda selama lima menit dan habiskan waktu tersebut dengan memberikan perhatian sepenuhnya pada satu hal, misal detak jantung.

Sementara Anda fokus pada merasakan detak jantung, tak ada hal lain yang boleh dilakukan.

7. Menulis jurnal harian
Tak ada yang salah dengan menulis jurnal. Jika tak suka bertele-tele dengan tulisan panjang, Anda cukup membuat semacam 'gratitude journal'. Jurnal ini mencatat tiga hal terbaik yang Anda alami di hari ini.

[Gambas:Video CNN]
(asr/asr)

Let's block ads! (Why?)



"rumah" - Google Berita
April 09, 2020 at 06:58AM
https://ift.tt/3aVyOvI

7 Cara Sederhana Melatih Mindfulness di Rumah Gaya Hidup • 09 April 2020 06:58 - CNN Indonesia
"rumah" - Google Berita
https://ift.tt/35A6ag5
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Cara Sederhana Melatih Mindfulness di Rumah Gaya Hidup • 09 April 2020 06:58 - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.