Search

Psikolog Ungkap Kunci Keberhasilan Belajar Dari Rumah, Apa Itu? - Suara.com

Suara.com - Psikolog Ungkap Kunci Keberhasilan Belajar Dari Rumah, Apa Itu?

Komunikasi yang baik antara guru dan orangtua menjadi salah satu kunci keberhasilan proses belajar mengajar dari rumah. Menurut Psikolog Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi, agar berhasil orangtua harus tahu target pengajaran yang direncanakan guru terhadap muridnya.

"Jangan musuhan sama gurunya. Guru dirangkul misalnya di WhatsApp, tanya apa target yang mau dipelajari. Karena sebetulnya hasil PJJ (pengajaran jarak jauh) anak-anak untuk mengisi raport," kata Psikolog Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi saat melakukan siaran langsung di Instagram bersama @ayahbunda, Senin (27/4/2020).

Menurut Rose, jika stimulasi yang diberikan kepada anak dilakukan dengan tepat diharapkan akan berhasil dan terjadi peningkatan kompetensi selama proses satu bulan lebih belajar dari rumah.

Ilustrasi KBM online - (Unsplash/@anniespratt)
Ilustrasi KBM online - (Unsplash/@anniespratt)

Ia menambahkan, guru dan orangtua sebenarnya bisa saling komunikasi dan belajar. Sebab guru tidak mengetahui apa yang terjadi pada anak saat di rumah. Demikian pula, orangtua tak pernah tahu cara anak belajar ketika di sekolah.

"Kalau orangtua komunikasi dengan baik, guru akan tahu. Guru juga bisa kasih informasi pada orangtua. 'Bu, pak anak ibu kalau saya kasih treatment begini mau loh di sekoloah'. Informasi itu yang harus ada," jelasnya.

Rose mengatakan bahwa cara yang sama dalam proses belajar terus diterapkan, anak akan terbiasa.

"Jangan selalu berpikir negatif antar guru dan orangtua. Semua ada porsinya, yang kadang-kadang gak ketemu karena gak tau," ucapnya.

Rose juga menyarankan, ada kalanya guru dan orangtua melakukan pertemuan melalui siaran video online untuk membicarakan perkembangan anak saat belajar dari rumah.

Let's block ads! (Why?)



"rumah" - Google Berita
April 30, 2020 at 09:52AM
https://ift.tt/2yQHIwh

Psikolog Ungkap Kunci Keberhasilan Belajar Dari Rumah, Apa Itu? - Suara.com
"rumah" - Google Berita
https://ift.tt/35A6ag5
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Psikolog Ungkap Kunci Keberhasilan Belajar Dari Rumah, Apa Itu? - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.