Search

Punya Akses Internet Rumah? Sewain Aja, Dijamin Cuan! - detikFinance

Jakarta -

Sesulit apapun keadaan, peluang untuk bertahan hidup pasti ada. Jika jeli melihat peluang, keadaan sulit pun bisa jadi cuan.

Sama seperti kondisi pandemi Corona saat ini. Ternyata di balik pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan penerapan kerja dari rumah ada peluang untuk menambah pemasukan hanya dari rumah.

Christopher Naibaho misalnya, dia salah satu yang jeli melihat peluang saat ini. Dia menghasilkan tambahan pemasukan dari menyewakan Wi-Fi hotspot yang ada di rumahnya. Bisnis itu dia beri nama SEFI (sewa Wi-Fi)

"Saya memiliki usaha penyewaan Wi-Fi hotspot. Sebelumnya saya memiliki wifi dirumah, yang hanya dipakai oleh keluarga saya saja, 5 orang, yang mana terasa sangat mubazir bila hanya digunakan sedikit orang," tuturnya saat dihubungi detikcom.

Christopher tinggal di daerah Kedoya, Jakarta Barat. Rumahnya berada di wilayah pada penduduk.

Kebetulan, sejak wabah COVID-19 masuk ke Indonesia banyak kantor yang menerapkan work from home (WFH), begitu juga dengan sekolahan. Baik kerja maupun belajar dilakukan membutuhkan koneksi internet.

Peluang itulah yang ditangkap oleh Christopher. Dia menyewakan koneksi internet yang ada di rumahnya kepada tetangga-tetangganya.

Christopher yang juga bekerja sebagai pegawai IT di salah satu perusahaan di Jakarta, memodifikasi sistem internet di rumahnya. Misalnya internet dengan bandwith atau kecepatan internet 100 Mbps dibagi-bagi menjadi 3 Mbps.

Kemudian dia membuat sistem software yang memungkinkan untuk membagikan akses internet itu. Tetangganya yang ingin menyewa akses internetnya akan diberikan username dan password.

Christopher mematok sewa Wi-Fi miliknya sekitar Rp 3.000-5.000 per hari atau Rp 60.000 per bulan. Kuota yang diberikan unlimited, sehingga pelanggannya bisa bebas mengakses internet rumahnya.

"Sehari bisa ada 9 penyewa Itu yang harian, yang bulanannya ada 13 pelanggan," tuturnya.

Simak Video "Pandemi Corona, Menkominfo Pastikan Internet Masih Oke"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"rumah" - Google Berita
April 27, 2020 at 10:53AM
https://ift.tt/2KyKRDH

Punya Akses Internet Rumah? Sewain Aja, Dijamin Cuan! - detikFinance
"rumah" - Google Berita
https://ift.tt/35A6ag5
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Punya Akses Internet Rumah? Sewain Aja, Dijamin Cuan! - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.