Search

Jangan Lupa, Hari Ini Nexmedia Resmi Tutup

Jakarta, CNBC Indonesia- Layanan TV berbayar, Nexmedia resmi menghentikan operasionalnya pada hari ini Minggu (1/9/2019) dengan tayangan terakhir pada kemarin Sabtu, 31 Agustus 2019.

Keputusan tersebut diambil karena adanya konsolidasi dalam Grup Elang Mahkota Teknologi (EMTEK). Dengan keputusan ini maka pemain pada industri TV berbayar semakin berkurang.

"Perseroan telah memutuskan mengkonsolidasi pelayanan konten (siaran berbayar) Nexmedia yang dimiliki oleh PT Mediatama Anugrah Citra ("MAC"), MAC merupakan anak perusahaan perseroan," kata Titi Maria Rusli selaku Corporate Secretary PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, beberapa waktu lalu.

"Pengkonsolidasian pelayanan konten Nexmedia ini sejalan dengan fokus bisnis Perseroan yang bertransisi ke layanan berbayar (subscription) melalui platform over the top (OTT) Vidio Premier. OTT merupakan platform yang saat ini lebih tepat untuk memberikan layanan kepada pengguna dengan makin mudahnya akses layanan internet di seluruh Indonesia," tambahnya dalam penjelasan tersebut.


Selain menjadi induk dari Nexmedia, Elang Mahkota juga induk dari SCTV dan Indosiar.

Presiden Direktur Nexmedia Junus Koswara mengatakan alasan penghentian operasi Nexmedia karena pihaknya telah melakukan konsolidasi terhadap sejumlah konten atau siaran berbayar Nexmedia ke dalam salah satu layanan OTT (over-the-top) yakni Vidio Premiere. Vidio Premiere sendiri merupakan anak perusahaan Emtek.

"Jadi pada prinsipnya adalah kita memang memutuskan untuk mengkonsolidasikan dengan konten atau siaran berbayar kami sejak beberapa waktu yang lalu," kata Junus seperti dikutip CNBC Indonesia dari CNNIndonesia.

"Kita konsolidasilah, perlu diketahui ada beberapa platform di mana kami juga sudah memperkenalkan layanan berbayar subscription melalui platform OTT [over-the-top] namanya Vidio Premiere," sambungnya.

Dengan dipindahnya seluruh konten di dalam Nexmedia ke Vidio Premiere, Junus meyakini bahwa layanan OTT merupakan pilihan yang tepat guna memberikan berbagai layanan kepada pelanggan Nexmedia.

"Kami yakin bahwa OTT merupakan platform yang lebih tepat untuk memberikan berbagai layanan kepada pengguna dengan makin mudahnya akses layanan internet di seluruh Indonesia," pungkasnya.


Nasib pelanggan

Ditanya soal nasib perangkat Nexmedia yang masih terpasang di rumah-rumah pelanggan, Junus mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah prosedur untuk menangani hal itu.

Salah satunya adalah Nexmedia bakal melakukan refund (mengembalikan uang) kepada pelanggan yang memakai layanan televisi berbayar mereka.

"Iya yang pasti sesuai dengan prosedur, kita sudah menyiapkan prosedur customer service. Nanti ada pengembalian refund dan proses lainnya sesuai dengan standar yang berlaku," jelas dia.

Asal tahu saja, Nexmedia menghentikan layanan mulai 31 Agustus 2019. Hal ini sudah disampaikan manajemen melalui akun Twitter resmi perusahaan.

Jangan Lupa, Hari Ini Nexmedia Berhenti OperasiFoto: Nexmedia (twitter)

(dob/dob)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2PyOpeu
September 01, 2019 at 03:09PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Lupa, Hari Ini Nexmedia Resmi Tutup"

Post a Comment

Powered by Blogger.