Search

Gelombang Demo Bikin Pasar Keuangan Tanah Air Terkapar

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam kurun waktu sepekan terakhir, Indonesia mengalami berbagai guncangan. Gelombang demo dari mahasiswa menyisakan minggu kelabu bagi pasar keuangan tanah air.

Dalam sepekan terakhir, IHSG mencatatkan pelemahan yang cukup dalam yaitu 0,55%. Pelemahan IHSG juga kompak diikuti oleh bursa Asia lainnya. Indeks Hang Seng anjlok 1,82%, indeks Nikkei anjlok 0,91%, indeks Strait Times jatuh 1,2% dan yang paling parah indeks Kospi ditutup memerah, amblas 1,99% dalam seminggu ini. Performa indeks Amerika juga mengalami hal yang sama. Indeks saham Dow Jones terkoreksi 0,43%, S&P 500 melemah 1,01% dan Nasdaq composite amblas 2,19%.

Kekompakan bursa Asia untuk memerah pada minggu ini masih diliputi oleh berbagai sentimen global terutama masalah resesi yang sudah mulai terjadi berbagai negara dan juga ketidakpastian global lainnya seperti kelanjutan negosiasi perang dagang AS-China.

Koreksi IHSG dalam sepekan terakhir memang tidak separah performa indeks lain di bursa Asia. IHSG sempat ditutup menguat pada Kamis (26/9/2019) ke level 6.230,334. Namun harus kembali terkapar pada penutupan perdagangan hari Jumat kemarin ke level 6.196,889. IHSG sempat anjlok hingga 1,1% minggu ini pada 24 September lalu.

Anjloknya IHSG ditanggal tersebut tidak terlepas dari adanya gelombang demo dari mahasiswa yang menolak adanya revisi UU KPK, RKUHP dan sederet aturan undang-undang lain yang dinilai mencederai demokrasi seperti UU Pertanahan, UU Ketenagakerjaan hingga UU PKS.

Tanggal 24 September memang jadi tanggal yang bersejarah bagi Indonesia di tahun ini. Tentu kita masih ingat di tanggal itu ribuan mahasiswa berbondong-bondong turun ke jalan raya menyerbu gedung DPR/MPR di kompleks Senayan. Mahasiswa dengan beragam jaket almamater memadati sepanjang jalan di kompleks Senayan untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Demonstrasi tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa di Jakarta saja. Mahasiswa dari berbagai daerah lain juga melakukan hal yang sama pada 24 September lalu. Aksi gelombang demo ini terjadi di kota-kota besar lain seperti Bandung, Semarang, Malang hingga Indonesia bagian timur yaitu Makassar. Hampir semua demonstrasi yang terjadi di berbagai daerah diwarnai dengan aksi kericuhan.

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)
(twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2lRXXTO
September 28, 2019 at 05:44PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gelombang Demo Bikin Pasar Keuangan Tanah Air Terkapar"

Post a Comment

Powered by Blogger.