Search

Banyak Carrier Tak Bergejala, Dokter Minta Warga Surabaya Tetap di Rumah - Detiknews

Surabaya -

Di Surabaya, masyarakat terlihat banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Namun rupanya tanpa disadari hal itu justru jadi kekhawatiran di tengah pandemi virus corona di Indonesia.

Jubir Tim Satgas Corona RS Unair Surabaya dr Alfian Nur Rasyid SpP menyarankan masyarakat untuk beraktivitas di rumah. Namun jika memiliki urusan yang memang harus ke luar rumah, maka diwajibkan menggunakan masker. Sebab banyak carrier yang tak bergejala ke luar rumah.

"Karena ini sudah mulai banyak orang yang ke luar rumah tidak menggunakan masker, itu yang menakutkan. Banyak orang-orang carrier loh, beneran. Saya menemukan orang carrier tidak ada keluhan di swab positif," kata Alfian saat dihubungi detikcom, Selasa (7/4/2020).

Alfian menjelaskan, jika ketahuan orang positif tanpa gejala akan langsung diberi komunikasi informasi dan edukasi (KIE). Setelah itu, pasien tanpa gejala positif itu dianjurkan isolasi di rumah dan tidak boleh kemana-mana.

Sementara orang positif tapi tidak melakukan swab masih bisa jalan-jalan di luar rumah, itu dirasa lebih bahaya. Sebab orang itu merasa sehat dan tak ada keluhan ataupun gejala.

"Seseorang bisa diketahui positif gara-gara ada kontak atau keluarganya positif itu diperiksa dan diswab baru ketahuan positif, tidak ada gejala dan kita sebut carrier," ujarnya.

"Jadi kalau tidak melakukan aktivitas dan isolasi di rumah terpaksa harus keluar tapi tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak terus tidak rutin cuci tangan, itu transmisi akan terus berjalan. Virus itu akan beralih ke orang lain dan mungkin orang lain itu risiko jatuh gagal napas seperti pasien-pasien yang ada di rumah sakit," jelasnya.

Dia memaparkan, orang yang mungkin pernah kontak dengan pasien positif tidak menyadari jika dirinya terpapar. Sebab, bisa saja orang yang sehat tapi hasil swab positifnya belum keluar, pernah jalan-jalan dan kontak dengan banyak orang.

Let's block ads! (Why?)



"rumah" - Google Berita
April 07, 2020 at 09:50AM
https://ift.tt/34f77eG

Banyak Carrier Tak Bergejala, Dokter Minta Warga Surabaya Tetap di Rumah - Detiknews
"rumah" - Google Berita
https://ift.tt/35A6ag5
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Carrier Tak Bergejala, Dokter Minta Warga Surabaya Tetap di Rumah - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.