Search

Ini Senjata Rahasia Masalah Listrik Menurut Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kekuatan besar Indonesia yang selama ini luput dari perhatian. Kekuatan yang dimaksud Jokowi, adalah pembangkit listrik tenaga air (hydro power).

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan di depan para pelaku pasar dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2019 yang digelar di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11/2019).
"Kita memiliki kekuatan besar di hydro power yang tidak pernah kita gunakan. Apa itu? Sungai besar yang kita miliki," kata Jokowi.

Jokowi lantas mencontohkan sungai di wilayah Kalimantan Utara yang sejatinya bisa dipergunakan untuk menjadi sumber daya untuk kebutuhan listrik di tanah air.


"Pak Gubernur Kalimantan Utara ada di sini? Namanya sungai Kayan, dibendung, dipakai hydro power, muncul biayanya 2 sen. Kalau pakai batubara 6-7%," kata Jokowi.

"Semua akan berbondong-bondong ke sini. Ini akan kita mulai. Karena dari sini kita bisa memiliki competitiveness," tegas Jokowi.


Indonesia, kata Jokowi, memiliki beberapa sungai yang sejatinya bisa dimanfaatkan untuk menjadi pembangkit listrik. Hal ini, tentu menjadi alternatif Indonesia untuk berdaya saing.

"Produksinya cuma 2 sen. Siapa bisa melawan ini. Kekuatan seperti ini yang harus terus kita cari sehingga competitiveness kita bisa kita miliki," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2XT4CM2
November 29, 2019 at 02:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Senjata Rahasia Masalah Listrik Menurut Jokowi"

Post a Comment

Powered by Blogger.