Search

Negara-negara Ini Resmi Resesi Tapi Ada juga yang Lolos

Jakarta, CNBC Indonesia- Resesi atau pertumbuhan ekonomi negatif dua kuartal atau lebih selama satu tahun, kini menjadi momok bagi sejumlah negara di dunia.

Selama 2019 ini, setidaknya dua negara yakni Meksiko dan Turki, dan satu kawasan ekonomi khusus yakni Hong Kong sudah menjadi korban resesi.


Meksiko resmi memasuki resesi setelah pada kuartal III-2019 membukukan kontraksi ekonomi (pertumbuhan negatif) 0,3%. Pada kuartal sebelumnya, ekonomi Negeri Telenovela ini terkontraksi 0,8%.

Meksiko menjadi negara anggota G20 kedua setelah Turki yang masuk ke jurang resesi. Perkembangan di Meksiko bisa menjadi sentimen negatif bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Sementara Turki resmi resesi pada kuartal II-2019. Ekonomi Negeri Kebab terkontraksi alias minus, melanjutkan 'pencapaian' yang serupa pada kuartal sebelumnya.

Pada periode April-Juni 2019, ekonomi Turki terkontraksi alias negatif 1,5% year-on-year (YoY). Pada kuartal sebelumnya, kontraksi ekonomi Turki lebih dalam yaitu minus 2,4% YoY.

Adapun Hong Kong, pada tiga bulan ketiga tahun ini, perekonomian Hong Kong diketahui membukukan kontraksi sebesar 3,2% secara kuartalan (quarter-on-quarter/QoQ). Pada kuartal II-2019 perekonomian Hong Kong sudah terkontraksi sebesar 0,4%.

Meski ada negara yang sudah masuk resesi, ada sejumlah negara yang ternyata berhasil selamat dari resesi dengan menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Berikut negara-negara yang selamat dari resesi:

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/34rHdDX
November 28, 2019 at 02:39PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Negara-negara Ini Resmi Resesi Tapi Ada juga yang Lolos"

Post a Comment

Powered by Blogger.