Search

Rampungkan Perjanjian Dagang, Trump Akan Bertemu Xi Jinping

Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Kamis (31/1/2019) mengatakan dirinya akan bertemu Presiden China Xi Jinping dalam waktu dekat untuk mencoba menyepakati perjanjian dagang komprehensif antara kedua negara.

Hal itu dia sampaikan ketika para pejabat tinggi AS melaporkan kemajuan yang substansial dalam perundingan selama dua hari yang dilakukan dengan pihak China di Washington.


Trump, yang berbicara di Gedung Putih dalalm pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He, mengatakan ia optimistis dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu dapat mencapai "kesepakatan terbesar yang pernah ada".


Belum ada rencana spesifik mengenai pertemuan dengan Xi yang diumumkan namun Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan memimpin delegasi AS ke Beijing awal Februari ini, dilansir dari Reuters.

Rampungkan Perjanjian Dagang, Trump Akan Bertemu Xi JinpingFoto: Presiden AS Donald Trump bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu He di Washington, Kamis (31/1/2019) Foto: REUTERS/Jim Young

Delegasi AS dan China mengadakan pertemuan hari kedua mereka di Washington, Kamis waktu setempat.

"Saya rasa kita telah membuat kemajuan yang luar biasa. Itu tidak berarti Anda akan segera mencapai kesepakatan," kata Trump.

Lighthizer mengatakan masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum sebuah kesepakatan dicapai. Namun, ia mengatakan ada kemajuan substansial dalam pembicaraan yang berpusat pada isu-isu, seperti perlindungan kekayaan intelektual AS, transfer teknologi paksa, pertanian, dan penegakan aturan.


"Di titik ini, mustahil bagi saya untuk memprediksikan keberhasilan. Namun kita berada di posisi di mana bila semua ini berjalan lancar, keberhasilan bisa terjadi," tambah Lighthizer.

Trump mengatakan ia merasa tidak perlu memperpanjang tenggat waktu gencatan senjata 1 Maret bila kesepakatan tidak tercapai.

"Saya rasa ketika Presiden Xi dan saya bertemu, semua poin akan disepakati," kata Trump. (prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2HLSEPQ
February 01, 2019 at 02:14PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rampungkan Perjanjian Dagang, Trump Akan Bertemu Xi Jinping"

Post a Comment

Powered by Blogger.