Search

Siap-siap, Pemerintah Segera Terbitkan Sukuk Global

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah segera menerbitkan sukuk berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat, sebagian dari total penerbitan senilai US$25 miliar.

Rencana penerbitan tercermin dari aksi pemeringkatan yang sudah dilakukan Moody's Investors Service, Kamis (31/1/19) sore.


Pemeringkatan terhadap obligasi denominasi valas pemerintah lumrah dilakukan lembaga pemeringkat menjelang penawaran kepada calon investor, biasanya dalam hitungan harian.

Moody's memberikan peringkat Baa2 bagi sukuk itu, yang akan diterbitkan pemerintah melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III (PPSI III).

Peringkat berlaku bagi seluruh sukuk yang akan diterbitkan, termasuk sukuk ramah lingkungan (green sukuk).


Tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan Rp 120 triliun (setara US$8 miliar) surat berharga negara (SBN) denominasi asing secara jumlah kotor dan US$4 miliar secara jumlah bersih, yang keduanya mencerminkan penurunan nilai yang signifikan dibanding realisasi US$10 miliar gross dan US$7 miliar nett pada 2018 silam.

SBN berarti termasuk surat utang negara (SUN) yang bersifat konvensional dan surat berharga syariah negara (sukuk negara) yang penerbitannya menggunakan prinsip syariah.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2WAFM2a
February 01, 2019 at 03:24PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siap-siap, Pemerintah Segera Terbitkan Sukuk Global"

Post a Comment

Powered by Blogger.