Search

Bertemu Xi Jinping, Jokowi Minta Perang Dagang Selesai

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan harapannya menjelang pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Pertemuan antara Trump dan Jinping memang akan digelar di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 Osaka, Jepang. Jokowi berharap, pertemuan kedua negara bisa mencapai kesepakatan dan saling menguntungkan.


"Presiden Jokowi berharap mudah-mudahan akan ada terobosan yang signifikan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui keterangan resmi, Sabtu (29/6/2019).

Keinginan Jokowi tersebut diutarakan langsung saat melakukan pertemuan bilateral dengan Jinping di sela-sela acara KTT G-20.

Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Persoalan mengenai perang dagang antara AS dan China memang menjadi salah satu isu yang dibicarakan antara Jokowi dan jajaran kabinet dalam rapat terbatas yang digelar sebelum pelaksanaan KTT G-20.

Bahkan, salah satu misi yang dibawa kepala negara dalam kunjungan kerja kali ini yakni terkait dengan penyelesaian perang dagang. Jokowi ingin seluruh negara dapat menemukan solusi untuk mengatasi perang dagang.

"Kami ingin mengingatkan kolega-kolega kita yang hadir, baik itu perdana menteri, presiden, dan raja di G20, terkait situasi dunia yang sekarang ini dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi isu perang dagang," kata Jokowi jelang keberangkatan ke Osaka.

Mengutip South China Morning Post, sejumlah sumber mengungkapkan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan menyepakati 'gencatan senjata' dalam pertemuan di Osaka, Jepang, akhir pekan ini.

Seorang sumber mengatakan bahwa keputusan Trump terkait gencatan senjata tersebut merupakan syarat dari Xi jika ingin melakukan pertemuan dengannya di sela-sela KTT G-20.


Kali terakhir Trump bertemu dengan Xi, juga terjadi di sela-sela KTT G20, yakni pada bulan Desember lalu di Argentina. Hasilnya, kedua negara menyepakati gencatan senjata selama 3 bulan.

Kedua negara sepakat tak akan mengerek bea masuk untuk importasi produk dari masing-masing negara. Gencatan senjata ini kemudian diperpanjang oleh Trump seiring dengan perkembangan negosiasi dagang yang positif.

Jokowi menginginkan seluruh pemimpin negara dapat menghadirkan solusi konkret untuk mengatasi isu yang berpotensi merembet terhadap pasokan barang secara global itu.

"Saya berharap agar negara G-20, pemimpin-pemimpinnya bisa menunjukkan kearifan dan kepemimpinan kolektif, sehingga situasi yang ada menjadi lebih baik dan pasti bagi kita semua," (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FEYBuC
June 29, 2019 at 02:47PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Xi Jinping, Jokowi Minta Perang Dagang Selesai"

Post a Comment

Powered by Blogger.