Search

Jokowi dan Xi Bertemu: Selain Perang Dangang, Apa yang Dibahas?

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan harapannya menjelang pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Pertemuan antara Trump dan Jinping memang akan digelar di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 Osaka, Jepang. Jokowi berharap, pertemuan kedua negara bisa mencapai kesepakatan dan saling menguntungkan.


"Presiden Jokowi berharap mudah-mudahan akan ada terobosan yang signifikan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui keterangan resmi, Sabtu (29/6/2019).

Keinginan Jokowi tersebut diutarakan langsung saat melakukan pertemuan bilateral dengan Jinping di sela-sela acara KTT G-20.

Selain membahas mengenai seteru perang dagang, Jokowi dan Jinping juga membahas mengenai kerja sama bilateral antara kedua negara. Salah satunya, mengenai upaya mengurangi defisit perdagangan kedua negara.


"Tadi dibahas juga bahwa tahun lalu impor RRT terhadap CPO Indonesia sudah melampaui angka satu juta ton yang berarti sudah lebih dari angka yang dijanjikan Presiden Xi sebelumnya," jelas Retno.

Retno mengatakan, Presiden Xi menyampaikan bahwa pihaknya akan kembali menggelar China International Import Expo (CIIE) pada tahun ini sekaligus mengharapkan partisipasi Indonesia pada pameran dagang tersebut.

Tahun lalu, Indonesia turut berpartisipasi dalam pameran dagang terbesar di RRT tersebut. "Rencananya kita memang mau mengikuti dan dari pihak Tiongkok akan memberikan perhatian khusus kepada Indonesia," ungkapnya.

Dalam pertemuan itu sendiri, Presiden Xi menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi dalam pemilihan presiden 2019.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat untuk kemenangan Bapak dalam pilpres 2019. Ini menunjukkan dukungan dan pengakuan dari rakyat Indonesia atas pemerintahan Bapak selama lima tahun ini," ucap Presiden Xi.

"Terima kasih, senang dapat bertemu kembali. Dan juga terima kasih atas ucapan selamat atas pengumuman hasil pemilu di Indonesia," kata Jokowi membalas pernyataan Jinping.

Konsensus Dagang Jadi Topik Hangat di KTT G-20
[Gambas:Video CNBC] (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2IX5Ekc
June 29, 2019 at 03:10PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi dan Xi Bertemu: Selain Perang Dangang, Apa yang Dibahas?"

Post a Comment

Powered by Blogger.