Search

Jokowi Sah Jadi Presiden, IHSG Dibuka Hijau di Awal Pekan

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memulai perdagangan pertama di pekan ini dengan manis. Pada pembukaan perdagangan, IHSG menguat 0,35% ke level 6.381,18. Pada pukul 09:30 WIB, penguatan IHSG adalah sebesar 0,33% ke level 6.379,58.

Kinerja IHSG senada dengan seluruh bursa saham utama kawasan Asia yang juga sedang ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei menguat 1,64%, indeks Shanghai menguat 1,74%, indeks Straits Times menguat 1,21%, dan indeks Kospi menguat 0,05%. Sebagai catatan, perdagangan di bursa saham Hong Kong diliburkan guna memperingati special administrative region establishment day.

Mendinginnya hubungan antara AS dengan China sukses memantik aksi beli secara besar-besaran di bursa saham Benua Kuning. Pasca berbincang sekitar 80 menit di sela-sela gelaran KTT G20 di Osaka, Jepang, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menyetujui gencatan senjata di bidang perdagangan sekaligus membuka kembali pintu negosiasi yang sempat tertutup.

Dilansir dari CNBC International, kedua negara secara terpisah mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk tak saling mengenakan bea masuk baru terhadap produk impor dari masing-masing negara.

Media milik pemerintah China Xinhua menyebut bahwa kedua pimpinan negara setuju "untuk memulai kembali negosiasi dagang antar kedua negara dengan dasar kesetaraan dan rasa hormat."

Lebih lanjut, Trump menyebut bahwa China akan membeli produk-produk agrikultur asal AS dalam jumlah besar.

"Kami menahan diri dari (mengenakan) bea masuk dan mereka akan membeli produk pertanian (asal AS)," tutur Trump, dilansir dari CNBC International.

Walaupun belum dikonfirmasi pihak China, jika apa yang disebutkan Trump tersebut benar adanya, maka hal ini tentu akan mengerek laju perekonomian AS.

Selama ini, produk agrikultur memang menjadi incaran pemerintah China dalam upayanya melawan balik serangan-serangan AS. Pada tanggal 1 Juni, pemerintah China resmi mengenakan bea masuk baru bagi produk agrikultur asal AS seperti kacang tanah, gula, gandum, ayam, dan kalkun. Bea masuk baru yang berlaku adalah 20% dan 25%, dari yang sebelumnya 5% dan 10%.

Kala perekonomian AS dan China menggeliat, tentu laju perekonomian global akan terkerek naik, mengingat AS dan China merupakan dua negara dengan nilai perekonomian terbesar di planet bumi.

Selain itu, dari dalam negeri kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2014. (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2XeTpZ0
July 01, 2019 at 04:48PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Sah Jadi Presiden, IHSG Dibuka Hijau di Awal Pekan"

Post a Comment

Powered by Blogger.