Search

Hadir di KTT G-20, Misi Jokowi Selesaikan Perang Dagang

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi telah tiba di Jepang dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara anggota G-20.

Pertemuan ini akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin penting dunia, tak terkecuali antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.


Dalam pertemuan tersebut, salah satu isu utama yang akan diangkat Jokowi yakni dengan meminta para pemimpin dunia untuk menghadapi masalah ketidakpastian ekonomi global dengan kearifan.

"Kami ingin mengingatkan kolega-kolega kita yang hadir, baik itu perdana menteri, presiden, dan raja di G-20, terkait situasi dunia yang sekarang ini dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi isu perang dagang," kata Jokowi.


Mengutip South China Morning Post, sejumlah sumber mengungkapkan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan menyepakati 'gencatan senjata' dalam pertemuan di Osaka, Jepang, akhir pekan ini.

Seorang sumber mengatakan bahwa keputusan Trump terkait gencatan senjata tersebut merupakan syarat dari Xi jika ingin melakukan pertemuan dengannya di sela-sela KTT G-20.

Kali terakhir Trump bertemu dengan Xi, juga terjadi di sela-sela KTT G-20, yakni pada bulan Desember lalu di Argentina. Hasilnya, kedua negara menyepakati gencatan senjata selama 3 bulan.

Kedua negara sepakat tak akan mengerek bea masuk untuk importasi produk dari masing-masing negara. Gencatan senjata ini kemudian diperpanjang oleh Trump seiring dengan perkembangan negosiasi dagang yang positif.

Jokowi menginginkan seluruh pemimpin negara dapat menghadirkan solusi konkret untuk mengatasi isu yang berpotensi merembet terhadap pasokan barang secara global itu.

"Saya berharap agae negara G-20, pemimpin-pemimpinnya bisa menunjukkan kearifan dan kepemimpinan kolektif, sehingga situasi yang ada menjadi lebih baik dan pasti bagi kita semua," kata Jokowi.

Dalam kunjungan kerja kali ini juga akan dimanfaatkan Jokowi untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara. Tercatat ada sekitar 14 negara yang sudah mengantre untuk bertemu kepala negara. (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2J8tKr4
June 28, 2019 at 04:20PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hadir di KTT G-20, Misi Jokowi Selesaikan Perang Dagang"

Post a Comment

Powered by Blogger.