Search

Ini Dia Mesin Pencari RI ala Google: data.go.id

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akhirnya merilis portal Satu Data Indonesia yang diberi nama data.go.id. Layaknya mesin pencari Google, instansi pemerintah dan publik bisa mencari dan menemukan data terpercaya milik pemerintah.

Dalam laman keterangan disebutkan data.go.id merupakan portal resmi data terbuka Indonesia yang berisi data lintas kementerian, lembaga pemerintahan, pemerintahan daerah, dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data terkait Indonesia.

Mesin Pencari RI A La Google: data.go.idFoto:data.go.id (Ist)

"Satu Data Indonesia adalah sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah. Pemanfaatan data pemerintah tidak sebatas untuk pengambilan kebijakan, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat," ujar portal tersebut, seperti dikutip Jumat (28/6/2019).


"Melalui Satu Data, Kantor Staf Presiden mendukung dan berupaya penuh untuk melakukan perbaikan terhadap data pemerintah Indonesia. Data tersedia dalam format terbuka dan mudah digunakan kembali, dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pembangunan."


"Kami menyediakan data dalam format yang mudah dicari, diakses serta digunakan dengan harapan bahwa pengguna portal ini dapat memanfaatkan data yang tersedia untuk mewujudkan dan mendukung pembangunan Indonesia."

"Seluruh kumpulan data dalam portal ini dikategorikan sebagai data publik, sehingga tidak diperkenankan memuat informasi yang mengandung rahasia negara, rahasia pribadi atau hal lain sejenisnya dan sudah diatur dalam ketetapan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik."

Mesin Pencari RI A La Google: data.go.idFoto: data.go.id (ist)

Kesan pertama melihat tampilan portal Satu Data Indonesia melalui data.go.id adalah sederhana dan mudah digunakan sebab pengunjung hanya tinggal memasukkan kata kunci pencarian dan menekan enter maka data yang dibutuhkan akan ditampilkan dan tinggal mengunduh data. 

Pencarian data juga tak butuh waktu lama. Hanya dalam beberapa detik data yang dicari sudah tersedia. Data yang disajikan terdiri dari data pemerintah pusat dan pemerintah daerah hingga data Badan Pusat Statistik (BPS). Data ini juga sudah dilakukan penyaringan secara ketat dan memiliki lisensi sehingga dipastikan tidak akan ada data hoaks.


Format berkas yang disediakan dalam data.go.id cukup banyak. Mulai dari API, CSV, XLSX, PDF hingga XLS.

(roy/prm)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/301D0nV
June 28, 2019 at 02:57PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Dia Mesin Pencari RI ala Google: data.go.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.