Search

Trump-Xi Segera Bertemu, Bursa Singapura Menghijau

Jakarta, CNBC Indonesia - Antisipasi dua kekuatan ekonomi dunia, Amerika Serikat (AS) dan China, akan mulai akur membuat bursa saham acuan Singapura dibuka menguat pada perdagangan akhir pekan, Jumat (28/6/2019).

Data pasar menunjukkan indeks Straits Times dibuka naik 0,22% ke level 3.336,08 poin, dimana dari 30 saham yang menghuni indeks acuan bursa saham Singapura tersebut, sebanyak 16 mencatatkan kenaikan harga,9 saham melemah, dan 5 saham tidak mencatatkan perubahan harga.

Pada Rabu (26/6/2019) waktu setempat, pihak Gedung Putih menyampaikan bahwa Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan bertemu pada Sabtu besok (29/6/2019) pukul 11:30 pagi waktu Jepang.


Penasihat Ekonomi Washington Larry Kudlow mengatakan tidak ada prasyarat yang ditetapkan sebelum pertemuan antara AS dan China di KTT G20. Dia juga menambahkan bahwa Negeri Paman Sam masih dapat mengenakan bea masuk baru yang sudah direncanakan sebelumnya terhadap berbagai produk dari China, dilansir CNBC International.

Lebih lanjut, Kudlow juga menolak laporan The Wall Street Journal bahwa Beijing bersikeras meminta untuk mencabut sanksi atas Huawei sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan dan bahwa pemerintahan Trump telah secara tentatif setuju untuk menunda tarif baru pada barang impor asal China, dikutip Reuters.

Simpang siur kebenaran berita ini tentunya membuat pelaku pasat menjadi lebih waspada. Akan tetapi, harapan bahwa setidaknya ada kemajuan atas dialog dagang masih cukup tinggi.

"Pusat harapan pada pertemuan G20 antara Trump dan Xi adalah bahwa negosiasi akan dilanjutkan, tarif tambahan AS akan ditunda, China akan membeli lebih banyak barang AS dan pembicaraan tentang perdagangan teknologi akan mendapatkan fokus baru," ujar analis di ANZ dalam catatan pagi, dilansir Reuters.

"Akan tetapi, karena kesulitan untuk memenuhi aspirasi ekonomi antara kedua negara sangat tinggi, pasar tetap waspada," tambah catatan tersebut.

Pada hari ini investor akan mencermati beberapa rilis data ekonomi bulan Mei, diantaranya:
1. Jumlah pinjaman bank pada pukul 09:00 WIB
2. Indeks harga ekspor dan impor pada pukul 12:00 WIB
3. Indeks harga produsen pada pukul 12:00 WIB

TIM RISET CNBC INDONESIA (dwa/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2KFz4Fu
June 28, 2019 at 03:39PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump-Xi Segera Bertemu, Bursa Singapura Menghijau"

Post a Comment

Powered by Blogger.