Search

Cerita Mobil RI-1 yang Berusia 12 Tahun dan Pernah 2 Kali Mogok

Jakarta, CNBC Indonesia - Mobil Mercedes-Benz S600 Guard dalam 5 tahun terakhir selalu setia menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedan tersebut hampir selalu mengikuti ke manapun Kepala Negara bepergian.

Mercedes-Benz S600 Guard itu belum berganti sejak tahun 2008 digunakan oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Namun, harus diakui kondisi mobil sedan tersebut sudah tidak seoptimal dulu. Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, rekam jejak mobil asal Jerman itu memang kerap kali mogok di tengah jalan.


Contohnya, saat Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, serta Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Itu hanya salah satu dari beberapa masalah yang pernah menimpa mobil tersebut.


Seperti dikutip dari detik.com, Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna, kondisi mobil kepresidenan sudah berumur. Tak hanya itu, mobil juga dikatakan bermasalah.

Dibeli sejak tahun 2007 artinya mobil ini sudah hampir berusia 12 tahun. Tahun 2017, Mercedes-Benz S600 Guard berpelat RI 1 itu bahkan pernah dua kali mogok.

Mobil yang ditunggangi Jokowi itu tiba-tiba mogok di Kalimantan Barat usai Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Mempawah pada Maret 2017. Mobil mengalami masalah di bagian pengaturan gas sehingga akselerasinya melemah karena faktor usia.

"Itu kemarin tidak fatal, tidak rusak, cuma akselerasinya melemah. Jelas terjadi pelemahan akselerasi. Nggak primalah. Istilahnya faktor umur. Diinjak gas tidak lari," kata Darmansjah Djumala yang kala itu menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden yang tercatat dalam arsip berita detikcom.

Kemudian mobil kembali mogok saat diboyong Jokowi dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo di tahun yang sama.

Nah, ternyata, keluhan terkait kondisi mobil yang tak prima juga sempat disampaikan oleh SBY. Kala itu SBY dikabarkan meminjam satu dari tujuh mobil kepresidenan padahal masa jabatannya sudah usai. Mobil dikembalikan pihak SBY ke Istana pada Maret 2017.

"Sebenarnya mobil keras yang disediakan negara tersebut sangat jarang saya gunakan. Terakhir kali saya naiki bulan September 2016 (6 bulan yang lalu) dan waktu itu baru saya gunakan sekitar 20 menit langsung rusak," ungkap SBY di pertengahan Maret 2017.

Simak video calon mobil dinas Jokowi yang ditawarkan BWM di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2JpRLdt
July 06, 2019 at 05:30PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Mobil RI-1 yang Berusia 12 Tahun dan Pernah 2 Kali Mogok"

Post a Comment

Powered by Blogger.