Search

Dark Mode WhatsApp Hingga Facebook-Google Kumpulkan Datamu

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepekan yang lalu, CNBC Indonesia banyak mengangkat tema tentang privasi data pengguna. CNBC Indonesia menunjukkan bagaimana Facebook dan Google, dua layanan paling populer di internet mengumpulkan data pengguna dan cara menghentikannya.

Selain itu CNBC Indonesi juga banyak mengangkat tulisan tentang perkembangan aplikasi terutama dark mode WhatsApp di Android, tentang Youtuber YT PUBG yang tiga konten video diblokir karena terlalu vulgar hingga Gojek yang melakukan rebranding dan mengganti logo lamanya.

Berikut kami sajikan berita-berita most popular CNBC Indonesia kepada kamu.

Facebook-Google Kumpulkan data kamu


Ternyata, Facebook dan Google, dua layanan paling populer dan banyak digunakan di internet, mengumpulkan data pengguna. Keduanya mengumpulkan dari riwayat (history) penggunaan layanan oleh pengguna.

Facebook dan Google sudah mengatakan tidak akan menjual data pengguna dan mereka membuat kebijakan privasi yang memungkin pengguna membatasi Google dan Facebbok mengumpulkan data kamu.

Apa yang dikumpulkan Facebook dari pengguna?

Profil kamu: Ketika membuat akun Facebook meminta nama, tanggal lahir, nomor ponsel atau alamat email. Lalu Facebook akan mendapatkan informasi tambahan ketika kamu menyempurnakan profilmu. Facebook bisa mendapatkan tentang hubunganmu (relationship), kota asal kota tempat tinggalmu sekarang dan alamat rumah hingga tempat kerja, seperti dikutip dari business insider, Jumat (26/7/2019).

Mengikuti apa yang kamu lakukan di Facebook: Raksasa media sosial ini mengetahui kapan kamu log in, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk online, di mana kamu log in. Hal lainnya, barang yang kamu beli langsung lewat Facebook, laman, akun dan hashtag yang dikoneksikan dengan Facebook.

Mengikuti percakapan kamu di Facebook Messenger: Facebook tidak membaca percakapan kamu tetapi memindai pesan chat. Tetapi Facebook tahu dengan siapa kamu ngobrol, seberapa sering dan seberapa lama. Dalam Facebook Messenger ada opsi enkripsi pesan namun layanan ini dimatikan secara default.

Mengikuti aktivitas kamu di luar Facebook: Raksasa teknologi ini memilik Facebook Pixel sebuah kode javascript yang di taruh di situs perusahaan. Jadi Facebook tahu beberapa situs yang kamu kunjungi.

Mengikuti aktivitasmu di aplikasi lain: Kamu pernah log in aplikasi lain dengan menggunakan akun facebook? Facebook akan bisa mendapatkan data tentangmu jika aplikasi tersebut setuju berbagi data.

Cara Google kumpulkan datamu:

Gmail. Layanan surat elektronik ini mengumpulkan tentang siapa yang berhubungan dengan pengguna, barang yang dibeli pengguna, daftar kontak pengguna dan banyak hal lainnya.

Google Foto. Layanan ini mengumpulkan data tentang foto yang diambil dan disimpan oleh penggunanya.

Google Drive. Layanan ini bisa mengumpulkan mengenai semua data-data yang disimpan pengguna di Google Drive.

Google Fit. Layanan ini mengumpulkan semua tentang data kesehatan dan target yang dibuat pengguna selama berolahraga.

Google Calendar. Semua jadwal, janji ketemu hingga konser yang akan dihadiri akan diketahui Google bila pengguna memasukkan data tersebut ke dalam Google Calendar.

Android. Ini adalah operating system (OS) yang digunakan di ponsel. Semua aktivitas pengguna bisa diketahui Google bahkan aplikasi yang digunakan atau sudah dihapus pengguna bisa diketahui Google.

Simak video tentang Google di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

Lanjut ke halaman berikutnya >>>

(roy/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2SNztH3
July 29, 2019 at 02:00PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dark Mode WhatsApp Hingga Facebook-Google Kumpulkan Datamu"

Post a Comment

Powered by Blogger.