Search

Konkret! Jokowi Akan Sulap 28 Destinasi Wisata Danau Toba

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sebanyak 28 destinasi wisata yang berada di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, akan ditata menjadi sebuah destinasi wisata berkelas.

Hal ini dikemukakan Jokowi saat meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, seperti dikutip laman Sekretariat Kabinet, Selasa (30/7/2019).

"28 kalau di cluster jadi empat," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, kunjungannya kali ini dalam rangka memutuskan dalam perencanaan pengelolaan Danau Toba ini sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas.

"Brand-nya harus diangkat sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat yang wajib untuk dikunjungi," kata Presiden Jokowi.
Menurut Kepala Negara, dibutuhkan investasi besar untuk pengembangan wilayah sekitar Danau Toba, baik itu dari pendanaan sektor swasta maupun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kita ini bekerja dengan sebuah rancangan rencana besarnya seperti apa, sehingga dalam pelaksanaannya itu betul-betul nanti bisa detail dan baik," jelasnya.

Jokowi mengatakan, proyek pengembangan kawasan pariwisata sekitar Danau Toba akan dilakukan mulai tahun ini, dan diharapkan selesai bertahap mulai 2020.

"Mesti harus seperti itu, harus ada diferensiasinya, sehingga kalau datang ke Indonesia itu ke Toba, Oh masih kurang ke Bali, Oh masih kurang ke Mandalika. Karena memang ini beda-beda. Kita akan membikin seperti itu," tegas Presiden.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Danau Toba telah dimasukkan dalam 10 prioritas tujuan wisata nasional karena memiliki potensi wisata yang besar.

Untuk Sumut yang memiliki Danau Toba dan berbagai potensi wisata lain, bahkan Menpar, dikutip laman resmi Pemprov Sumatera Utara sempat memproyeksikan pendapatan daerah tersebut bisa mencapai Rp 30 triliun pada tahun 2019.

[Gambas:Instagram]

(tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2LPFrqg
July 30, 2019 at 04:18PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Konkret! Jokowi Akan Sulap 28 Destinasi Wisata Danau Toba"

Post a Comment

Powered by Blogger.