Search

Jokowi Bangun Jalan Perbatasan Meliuk-Liuk, Gagah-gagahan?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah pusat mempercepat pembangunan jalan perbatasan Indonesia-Papua Nugini dari Merauke hingga Jayapura di Provinsi Papua sepanjang 1.098 km. Progres pembangunan jalan ini sempat dipamerkan oleh Presiden Jokowi lewat akun media sosialnya.

Pada foto yang diunggah Jokowi tampak jalan di perbatasan Papua-Papua Nugini yang sedang dikerjakan. Gagasan pembangunan 

jalan di perbatasan merupakan perwujudan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.

Pembangunan jalan di perbatasan juga untuk membuka keterisolasian daerah terpencil khususnya di Papua, mengurangi biaya kemahalan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan terpencil.

"Pembangunan kawasan perbatasan bukan hanya untuk gagah-gagahan tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan dengan menciptakan embrio pusat pertumbuhan baru di kawasan perbatasan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya dikutip, Rabu (31/7)
Jokowi Bangun Perbatasan Meliuk-Liuk, Buat Gagah-gagahan? Foto: Foto udara pemandangan jalan Trans Papua (Dok. Kementerian PUPR)

Salah satu ruas jalan perbatasan di Papua yang dikerjakan adalah Jalan Oksibil-Towe Hitam-Ubrup-Jayapura sepanjang 5,52 km. Pekerjaan pembangunan mulai dari KM 15.5 hingga KM 21.2 di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Menurut Basuki, tantangan dalam pembangunan jalan perbatasan di Papua adalah kondisi alam yang masih berupa hutan, pegunungan, dan cuaca. Selain itu ketersediaan material konstruksi juga terbatas di Papua karena akses yang masih terbatas.

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Os8Wk9
July 31, 2019 at 02:12PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Bangun Jalan Perbatasan Meliuk-Liuk, Gagah-gagahan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.