Search

Viral Lulusan Baru UI Minta Gaji Rp 8 Juta, Harusnya Berapa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu lalu dunia maya Indonesia dibuat heboh oleh sebuah pesan keluhan tentang penawaran gaji yang diterima oleh seorang netizen.

Dalam pesan yang ditulis melalui fitur instagram story, netizen yang mengaku alumni Universitas Indonesia (UI) itu kecewa karena sebuah perusahaan 'hanya' menawarkan dirinya gaji sebesar Rp 8 juta/bulan.

Dirinya berpendapat nominal tersebut terlalu rendah untuk seorang lulusan baru (fresh graduate) universitas yang katanya nomor 1 itu.

Dalam hal ini, belum diketahui dengan pasti apa maksud dan tujuan pesan tersebut. Entah yang menulis benar-benar lulusan UI atau bukan juga tidak dapat dikonfirmasi. Pun perihal penawaran gaji Rp 8 juta oleh perusahaan juga masih simpang-siur.
Viral Lulusan Baru UI Minta Gaji Rp 8 Juta, Harusnya Berapa?Foto: Viral Gaji 8 Juta (dok. twitter @askmenfess via @WidasSatyo)

Akan tetapi dunia maya sudah keburu dibuat heboh. Padahal bisa saja itu hanya pesan yang dibuat oleh orang iseng untuk membuat panas suasana.

Namun sisi baiknya, pembahasan mengenai pendapatan lulusan perguruan tinggi menjadi terangkat ke permukaan. Pasalnya, meskipun tabu, pengetahuan mengenai potensi pendapatan penting bagi calon-calon lulusan, bahkan calon mahasiswa.

Dengan mengetahui 'proyeksi' pendapatan, seseorang dapat menentukan pilihan jalan hidup yang ingin diambil. Seringkali berhubungan erat dengan pemilihan universitas dan jurusannya.

Terlepas dari benar atau tidaknya pesan dari si 'gaji Rp 8 juta', berapa sih gaji yang pantas bagi lulusan universitas?

Untuk menjawab hal itu, ada baiknya untuk menilik profil lulusan universitas top di Indonesia.

Dalam hal ini, Tim Riset CNBC Indonesia mengambil data hasil survei Tracer Study yang dilakukan oleh masing-masing Universitas. Tracer Study merupakan survei yang dilakukan universitas dengan responden berupa alumni yang telah lulus dalam kurun waktu 1-3 tahun.

BERLANJUT KE HALAMAN 2 >>>

(taa/dru)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Yk1Jra
July 31, 2019 at 02:07PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Lulusan Baru UI Minta Gaji Rp 8 Juta, Harusnya Berapa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.