Search

Usai Gempa Bumi Banten, PVMBG Imbau Warga Tetap Waspada

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral merilis tanggapan resmi perihal gempa yang terjadi di Banten, Minggu (28/7/2019) pukul 21:25:00 WIB. Dalam rilis yang diterima Senin (29/7/2019), PVMBG menyampaikan dua rekomendasi kepada masyarakat.

Pertama, PVMBG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Kedua, PVMBG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.

"Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini," tulis PVMBG.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 106.3° BT dan 7.42° LS, dengan magnitudo M5,2 pada kedalaman 10 km, berjarak 59 km barat daya Bayah, Banten.


Menurut PVMBG, pusat gempa bumi berada di laut. Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah wilayah pesisir selatan Banten dan Jawa Barat yang pada umumnya disusun oleh batuan sedimen berumur Kuarter. Batuan berumur Kuarter serta batuan berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan bersifat urai, lepas, belum kompak dapat bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi.

"Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," tulis PVMBG.

Gempa bumi ini terekam dan dirasakan di Pos PGA Gunung Gede pada II MMI. Sementara Pos PGA Gunung Salak, Gunung Anak Krakatau dan Gunung Galunggung merekam gempa bumi ini, tetapi tidak terasa. Berdasarkan data BMKG, gempa bumi ini di rasakan pada skala III MMI, skala II-III MMI di Depok serta II skala MMI di Serang dan Munjul.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Yd1Vbq
July 29, 2019 at 03:30PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usai Gempa Bumi Banten, PVMBG Imbau Warga Tetap Waspada"

Post a Comment

Powered by Blogger.