Search

Data Tenaga Kerja AS Bagus, The Fed Batal Turunkan Bunga?

New York, CNBC indonesia - Perusahaan di Amerika Serikat (AS) memang tengah merekrut pekerja, tetapi itu hanya membuat pekerjaan The Federal Reserve atau Bank Sentral AS menjadi lebih sulit.

Dilansir dari Reuters, pada Jumat (5/7/2019), Kementerian Tenaga Kerja AS mengatakan pengusaha nonpertanian menambahkan 224.000 pekerjaan bulan lalu, yang merupakan jumlah terbesar dalam lima bulan, dan bukan jenis pasar tenaga kerja yang biasanya akan menyebabkan bank sentral AS menurunkan suku bunga.

Hal tersebut menimbulkan debat di antara para pembuat kebijakan Fed tentang apakah ekonomi membutuhkan stimulus menjadi lebih sulit, menyiapkan kemungkinan kebuntuan dengan pasar pada pertemuan 30-31 Juli mereka.

"Mereka sedikit terikat," kata Karim Basta, kepala ekonom di III Capital Management. "Di permukaan, data, menurut pendapat saya, tidak benar-benar mendukung penurunan (suku bunga) segera, tetapi pasar mengharapkannya, dan saya pikir ada risiko pada tahap ini bahwa mereka akan kecewa."


Sementara itu, The Fed mengirimkan sinyal ekonomi yang cukup optimistis setelah membuka kemungkinan penurunan suku bunga bulan lalu, ketika mereka mengutip tekanan inflasi yang diredam dan prospek ekonomi yang dikaburkan oleh perang dagang AS dan pertumbuhan global yang lebih lambat.

Dalam laporan semi-tahunan kepada Kongres, The Fed pada Jumat (5/7/2019) pun mengulangi janjinya untuk bertindak sesuai agar mempertahankan ekspansi ekonomi, dengan kemungkinan penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. Tetapi mereka secara khusus mengutip penguatan pasar kerja dan menggambarkan inflasi yang lemah baru-baru ini disebabkan pengaruh sementara.

Pasar sangat bertaruh langkah The Fed berikutnya akan menjadi penurunan suku bunga pertama sejak krisis keuangan satu dekade lalu. Presiden Donald Trump pada Jumat kemarin memperbarui permintaan untuk suku bunga yang lebih rendah agar memperkuat ekonomi.

Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell, yang akan memberikan kesaksian di hadapan Kongres pada Rabu dan Kamis, telah berulang kali mengatakan, The Fed membuat keputusan secara independen dari pengaruh pasar dan pemerintah, tetapi tidak menyampaikan bahwa apabila tidak memberikan penurunan suku bunga dapat menyebabkan penjualan saham dan obligasi jangka pendek dan merugikan ekonomi.

"Penurunan suku bunga pada Juli masih tidak dapat dihindari," kata Luke Bartholomew, ahli strategi investasi untuk Aberdeen Standard Investments. "Pertumbuhan lapangan kerja tetap menjadi titik terang di tengah sekumpulan data AS yang cukup beragam namun pasar telah mengharapkan penurunan sekarang sehingga (mereka) akan jatuh bangun jika mereka tidak mendapatkannya."

Beberapa pembuat kebijakan berpikir bahwa penurunan suku bunga dapat mengangkat ekspektasi inflasi, mengurangi kemungkinan penurunan suku bunga yang lebih drastis ke depannya.

Dengan suku bunga acuan di kisaran 2,25% -2,50%, pembuat kebijakan memiliki lebih sedikit ruang untuk penurunan suku bunga sebelum mereka mengambil langkah-langkah yang tidak konvensional.

Penurunan suku bunga juga bisa mengurangi beban The Fed jika ke depannya terjadi gejolak yang lebih parah dan menandakan kekhawatiran yang lebih besar tentang masa depan.

Simak video tentang The Fed di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2xtJnUH
July 06, 2019 at 03:10PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Data Tenaga Kerja AS Bagus, The Fed Batal Turunkan Bunga?"

Post a Comment

Powered by Blogger.