Search

Data Ekonomi Mengecewakan, Indeks Shanghai Cuma Naik Tipis

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka menguat tipis 0,01% pada perdagangan hari ini ke level 3.015,68, sementara indeks Hang Seng naik 0,13% ke level 28.891,97.

Wajar jika indeks Shanghai menguat pada hari ini. Pasalnya, indeks Shanghai sudah membukukan koreksi dalam dua hari perdagangan terakhir. Namun, kinerja indeks Shanghai dibatasi oleh rilis data ekonomi China yang mengecewakan.

Kemarin (3/7/2019), Services PMI periode Juni 2019 versi Caixin diumumkan di level 52, lebih rendah ketimbang konsensus yang sebesar 52,6, seperti dilansir dari Trading Economics. Capaian pada bulan Juni juga lebih rendah ketimbang bulan Mei yang sebesar 52,7.

Kemudian, Composite PMI periode Juni 2019 versi Caixin diumumkan di level 50,6, lebih rendah ketimbang capaian bulan Mei yang sebesar 51,5, seperti dilansir dari Trading Economics.

Berbicara mengenai aktivitas manufaktur di Negeri Panda, hasilnya lebih parah lagi. Dalam enam bulan pertama tahun 2019, tercatat aktivitas manufaktur membukukan kontraksi sebanyak empat kali yakni pada bulan Januari, Februari, Mei, dan Juni.

Hal ini terlihat dari angka Manufacturing PMI pada bulan-bulan tersebut yang berada di bawah 50, menunjukkan adanya kontraksi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.


Sementara itu, indeks Hang Seng membukukan kinerja yang lebih baik seiring dengan rilis data ekonomi Hong Kong yang relatif oke. Pada hari ini, Manufacturing PMI Hong Kong periode Juni 2019 diumumkan di level 47,9. Walaupun menunjukkan kontraksi, namun lebih baik ketimbang konsensus yang memperkirakannya di level 46,8, seperti dilansir dari Trading Economics.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2YvPOm3
July 04, 2019 at 03:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Data Ekonomi Mengecewakan, Indeks Shanghai Cuma Naik Tipis"

Post a Comment

Powered by Blogger.