Search

Rel Kereta Joglosemar Bakal Tersambung ke Bandara Kulon Progo

Yogyakarta, CNBC IndonesiaRel kereta di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) bakal tersambung langsung dengan Yogyakarta International Airport (YIA). Ini semua untuk mendukung mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewujudkan Joglosemar sebagai 'Bali Baru'.

Corporate Deputy Director of Passanger Transport Marketing and Sales PT KAI, Asdo Artriviyanto, menjelaskan bahwa upaya konektivitas ini sudah melalui jalan panjang. Keberadaan KA Kalijaga yang sudah beroperasi sejak 15 Februari 2014 menjadi titik awal.

Rel Kereta Joglosemar Bakal Tersambung ke Bandara Kulon ProgoFoto: Rel Kereta di Joglosemar Bakal Tersambung ke Bandara Kulon Progo (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar_

KA Kalijaga dengan relasi Purwosari-Semarang Poncol PP menghubungkan 8 stasuun di Wilayah Jawa Tengah. Setelah sukses meluncurkan KA Kalijaga, KAI meluncurkan KA Kamandaka pada langgal 17 Februari 2014 dengan relasi Semarang Tawang Purwokerto PP.


"Pada tahun selanjutnya, diluncurkan KA Joglokerto pada tanggal 25 September 2015 dengan relasi Solo Balapan Purwokerto PP," bebernya di Yogyakarta, Jumat (5/7/2019).

Melihat peningkatan volume ketiga KA tersebut setiap tahunnya, KAI meluncurkan KA Joglosemarkerto pada 1 Desember 2018. KA Joglosemarkerto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka.

"Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkalerto memberikan pilihan konektivitas bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat mendukung penumbuhan ekonomi dan wisata," tandasnya.

Sejalan dengan itu, saat ini KAI telah mengoperasikan KA Bandara. Namun, operasional yang berlangsung baru melintasi 4 stasiun, yakni Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo.

Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkerataapian Kementerian Perhubungan Danto Ristiawan menyebut bahwa nantinya akan ada rel baru sepanjang 5,7 km. Dengan tambahan itu, Stasiun Wojo dapat terhubung langsung ke Bandara Kulon Progo.

"Ada jalur KA ke YIA ini akan jadi jalur baru. Jalurnya, sepanjang 5,7km, dan akan masuk bandara dari Stasiun Wojo," kata Danto di Yogyakarta, Jumat (5/7/2019).

Lintasan KA ini dibangun dengan perpaduan antara rel layang dengan rel yang menapak datar. rencananya, 5 km akan dibangun melayang, sisa 0,75 km sisanya dibangun menapak datar.

Pengerjaannya akan dilakukan selama dua tahun dari tahun ini hingga 2020. Lalu 2021 ditarget sudah bisa dipakai.

"Pengerjaannya 2019-2020, 2021 operasi. Juga ada peningkatan Stasiun Wojo, karena stasiun ini akan digunakan sebagai koneksi ke bus airport (Damri). Disana akan ada perluasan parkir, bangunan stasiun, sampai peron. 5,7 km waktu tempuhnya 10 menit," pungkasnya.

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2XQi7hO
July 06, 2019 at 06:15PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rel Kereta Joglosemar Bakal Tersambung ke Bandara Kulon Progo"

Post a Comment

Powered by Blogger.