Search

Kapal Vietnam Tabrak TNI AL, Menteri Susi: Itu Wilayah Kita

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, menegaskan kapal ikan Vietnam yang ditangkap armada Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) di Laut Natuna Utara, Sabtu (26/4/2019), melanggar wilayah laut Indonesia.

Hubungan antara Indonesia dan Vietnam memanas setelah kapal berbendera Vietnam dengan sengaja menabrakkan diri ke KRI Tjiptadi-381. Insiden itu diduga terjadi karena kapal TNI AL telah menangkap kapal Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.


"Itu wilayah (laut) kita tapi mereka masih dispute, menganggap itu landas kontinen. Kalau landas kontinen, permukaan lautnya adalah wilayah kita," kata Susi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/4/2019).


"Kalau memang belum ada kesepakatan, harusnya tidak ada kegiatan (penangkapan ikan oleh Vietnam) di situ," tegasnya.

Ia pun mengatakan tindakan yang diambil TNI AL dengan menangkap dan menarik kapal Vietnam itu sudah benar. Angkatan Laut, menurut Susi, memang merupakan aparat penegak hukum di laut Indonesia.

"Kita harus terus-menerus menjaga dan dua tahun ini, terutama satu tahun terakhir ini, agresivitas intrusi kapal ikan asing di Natuna meningkat tajam," kata Susi. (prm/wed)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VEkD9R
May 01, 2019 at 01:09AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapal Vietnam Tabrak TNI AL, Menteri Susi: Itu Wilayah Kita"

Post a Comment

Powered by Blogger.