Search

Susi: Presiden Tegas Mau Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

Jakarta, CNBC Indonesia - Komitmen pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat jelas dalam memerangi pencurian ikan ilegal (illegal, unreported, unregulated fishing/ IUUF) yang terjadi di wilayah Indonesia.

"Pak Presiden tetap firm memberantas illegal fishing. Penetapan dari beliau, kebiijakan kita satu: setiap kapal ikan asing yang tertangkap pasti ditenggelamkan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Oleh karena itu, kebijakan melelang kapal ikan asing yang ditangkap sebenarnya bukan menjadi kebijakan resmi pemerintah.


Susi menjelaskan, kebijakan lelang kapal hasil tangkapan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi celah bagi pelaku IUUF untuk membeli kembali kapalnya, dan kembali melakukan pencurian ika di wilayah Indonesia.

"Karena ada wacana lelang, banyak kapal yang sudah ditangkap dari setahun lalu mengajukan banding. Makanya saya tidak pernah setuju dengan kebijakan lelang ini," jelas Susi.

"Dengan banyak sekali kasus kejar-mengejar dengan patroli kita dan mereka coba mengintimidasi dan menabrak kapal patroli kita, tidak worth it [sebanding] kalau kapal-kapal ini dilelang kembali," imbuhnya.

Susi menegaskan, tidak ada tawar-menawar dalam penegakan hukum untuk melindungi sumber daya perikanan Indonesia. Kebijakan pemerintah menurutnya juga harus solid.

"Kebijakan kita tidak bisa hari ini begini dan besok berbeda. Celah itu akan dimanfaatkan para kriminal ini," pungkasnya. (wed/wed)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2J6HLHw
May 01, 2019 at 02:14AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Susi: Presiden Tegas Mau Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan"

Post a Comment

Powered by Blogger.