Search

Ketua DPR Benarkan Jokowi Pilih Destry Damayanti untuk DGS BI

Jakarta, CNBC Indonesia - Destry Damayanti dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal untuk menduduki posisi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) menggantikan Mirza Adityaswara. DPR akan memproses uji kepatutan dan kelayakan pasca-reses 7 Mei 2019 nanti.

"Ya, Calon Tunggal, Destry Damayanti, tapi belum dibahas komisi XI karena masih reses. Nanti tanggal 7 Mei 2019," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo kepada CNBC Indonesia, Selasa (30/4/2019).

Sebelumnya CNBC Indonesia memberitakan, Presiden Jokowi telah mengirimkan surat yang ditujukan ke Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jokowi hanya mengirimkan calon tunggal.


"Sudah masuk surat dari Presidennya," kata Anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun kemarin malam (29/4/2019).

Sayangnya, Misbakhun tidak menyebutkan siapa nama calon tersebut.

"Nanti diumumkan dalam Paripurna. Tanggal 7 Mei sudah masa sidang baru," katanya.

Dihubungi secara terpisah, Anggota Komisi XI lainnya, Hendrawan Supratikno, mengatakan surat memang sudah masuk di DPR. "Sudah sampai di DPR, calon tunggal tapi secara etis biar pimpinan DPR yang menyampaikan namanya," jelas Hendrawan kepada CNBC Indonesia.

Destry Damayanti saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sebagai informasi, masa jabatan Mirza Adityaswara akan habis pada Juli 2019. Sebelum diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza adityaswara menjabat sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan sejak april 2012 ditugaskan sebagai Kepala Eksekutif LPS sekaligus Dewan Komisioner.

Ketua DPR Benarkan Jokowi Pilih Destry Damayanti untuk DGS BIFoto: Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara dalam acara Seminar Nasional: Sinergi untuk Ketahanan dan Pertumbuhan (CNBC Indonesia/Lidya Julita S)

Selanjutnya, sesuai dengan Keputusan Presiden RI No.113/P tahun 2013 tanggal 30 September 2013, Mirza adityaswara diambil sumpahnya sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada tanggal 3 Oktober 2013 untuk masa jabatan 2013-2014.

Jabatan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tersebut diperpanjang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62/P tahun 2014 untuk periode 2014-2019.

Kemudian, di tahun 2015, melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 61/P tahun 2015 tanggal 23 Juli 2015, Mirza Adityaswara diberikan amanah sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Ex-Officio dari Bank Indonesia.

Profil Destry Damayanti

Ketua DPR Benarkan Jokowi Pilih Destry Damayanti untuk DGS BIFoto: Anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti saat berdiskusi dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2019. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Destry Damayanti saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Destry pernah menjabat sebagai Pansel Pemilihan Ketua KPK.

"Tradisi Deputi Gubernur Senior bank sentral berasal dari eksternal adalah baik untuk diteruskan," kata Kepala Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro, Selasa (30/4/2019)

"Ini untuk memberikan pandangan yang berbeda bagi BI, terutama berbagai kebijakannya yang sangat berpengaruh di pasar keuangan," jelasnya.

Menurut Satria, pencalonan Destry sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior pada periode selanjutnya bukti bahwa keseteraan gender di Indonesia semakin terlihat.

"Pencalonan Destry juga menunjukkan stance yang progresif dari Istana dan bank sentral untuk memiliki representasi perempuan yang lebih banyak di pemangku kebijakan," kata Satria.

Destry mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat.

Kariernya dimulai di beberapa tempat, antara lain Senior Economic Adviser untuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada periode 2002 - 2003.

Destry telah malang melintang berkarir di industri keuangan domestik. Beberapa jabatan penting pernah ia duduki, sebelum akhirnya menjadi anggota LPS.

Mulai dari Kepala Ekonom Bank Mandiri, Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Direktur Eksekutif di Mandiri Institute, hingga Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Bahkan, Destry pernah mencicipi jabatan sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada periode 2014 - 2015.

Destry diangkat menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS pada 24 September 2015, berdasarkan Keputusan Presiden 158/M 2015 tanggal 21 September 2015.

(dru)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2GLWchm
May 01, 2019 at 12:50AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua DPR Benarkan Jokowi Pilih Destry Damayanti untuk DGS BI"

Post a Comment

Powered by Blogger.