Search

Katedral Notre-Dame di Paris Terbakar, JK Sampaikan Duka Cita

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyampaikan rasa duka citanya menyusul kebakaran yang melahap katedral bersejarah Notre-Dame di Paris, Prancis, Senin (15/4/2019) malam waktu setempat.

Kebakaran dahsyat itu meruntuhkan sebuah menara dan atap bangunan legendaris tersebut. Para petugas pemadam kebakaran berupaya mencegah api agar tidak meruntuhkan menara lonceng utama dan mampu menyelamatkan struktur utama katedral.


"Ya tentu kita simpati dan menyayangkan peristiwa itu... dan juga menyampaikan rasa duka kepada seluruh rakyat Paris khususnya, ke Prancis pada umumnya, dan juga umat Katoliknya," kata JK di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa.


"Mudah-mudahan Prancis dan pemerintahnya langsung merehabilitasi karena itu juga tempat wisata orang," lanjutnya.

Katedral Notre-Dame di Paris Terbakar, JK Sampaikan Duka CitaFoto: Api dan asap mengepul ketika puncak menara di katedral Notre Dame runtuh di Paris, Senin, 15 April 2019. Kepulan asap kuning kecokelatan mengisi udara di atas Katedral Notre Dame dan abu jatuh pada turis dan orang lain di sekitar pulau yang menandai pusat kota Paris. (AP / Diana Ayanna)

Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali Notre-Dame dan menyebutnya sebagai contoh terbaik dari arsitektur gothic katedral Prancis. Bangunan itu dikunjungi lebih dari 13 juta orang setiap tahunnya.

"Kita akan membangunnya bersama-sama. Tidak diragukan lagi ini akan menjadi takdir Prancis dan proyek kita dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya di depan katedral sebelum tengah malam tadi, dilansir dari Reuters.


Kantor kejaksaan Paris telah membuka penyelidikan terkait kebakaran tersebut. Beberapa sumber di kepolisian mengatakan mereka untuk saat ini tengah menyelidiki dugaan bahwa kebakaran itu adalah sebuah kecelakaan.

Saksikan video mengenai kebakaran Notre-Dame tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(prm/prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2DfwJf7
April 16, 2019 at 11:28PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Katedral Notre-Dame di Paris Terbakar, JK Sampaikan Duka Cita"

Post a Comment

Powered by Blogger.