Search

Damai Dagang Makin Dekat, Indeks Shanghai Kembali Menguat

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka menguat 0,54% ke level 3.233,69, sementara indeks Hang Seng terkoreksi 0,12% ke level 29.950,42. Jika bertahan hingga akhir perdagangan, maka indeks Shanghai akan membukukan penguatan selama 5 hari beruntun.

Damai dagang AS-China yang terasa kian dekat membuat investor terus melakukan aksi beli di bursa saham China. Pada hari Rabu (3/4/2019) waktu setempat, Wakil Perdana Menteri China Liu He memulai negosiasi dagang dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer di Washington. Dialog tersebut rencananya akan berakhir pada hari Jumat (5/4/2019), namun bisa diperpanjang.

"Wakil Perdana Menteri Liu dan timnya akan berada di Washington selama 3 hari, atau mungkin lebih. Kami akan membahas isu yang belum pernah disentuh sebelumnya, termasuk penegakan hukum. Semua berjalan baik, semua mengarah ke jalan yang benar, tetapi kita memang belum sampai di tujuan. Kami berharap kita bisa lebih dekat ke tujuan pada pekan ini," papar Kudlow dalam acara yang digelar Christian Science Monitor, mengutip Reuters.

Sebagai informasi, negosiasi pada pekan ini merupakan lanjutan dari negosiasi pada pekan lalu yang digelar di Beijing. Pasca negosiasi selama 2 hari pada pekan lalu usai, China memutuskan untuk menunda kenaikan bea masuk atas produk otomotif dan suku cadang asal AS yang semestinya berlaku pada 2 April. Sejatinya, bea masuk atas produk tersebut akan naik dari 10% menjadi 25%, tetapi diputuskan ditunda.

"Langkah ini bertujuan untuk melanjutkan atmosfer positif dari perundingan kedua negara. Ini merupakan langkah konkret China untuk mendorong negosiasi perdagangan bilateral. Kami berharap AS bisa bekerja sama dengan China untuk mempercepat proses negosiasi dan mencapai tujuan menghapus ketegangan dagang," papar keterangan tertulis dari kantor Dewan Negara China, seperti dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2uGvqRU
April 04, 2019 at 03:52PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Damai Dagang Makin Dekat, Indeks Shanghai Kembali Menguat"

Post a Comment

Powered by Blogger.