Search

Asing Keluar, Seminggu Jelang Pilpres Obral Saham Rp 1,78 T

Jakarta,CNBC Indonesia - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,72% ke level 6.481, hari ini Selasa (16/4/2019). Melihat kenaikan yang terjadi dalam dua hari perdagangan IHSG berpotensi menguji level 6.500.

Investor lokal hari ini cukup optimis dengan memborong saham-saham berpotensi di bursa. Indonesia sendiri telah menyelenggarakan tiga kali Pemilihan Umum (Pemilu) sejak era reformasi, yakni tahun 2004, 2009, dan 2014.

Dalam tiga kali Pemilu tersebut, Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) selalu membukukan kinerja positif. Penguatan tertinggi IHSG terjadi pada tahun 2009 yakni sebesar 86,98%.

Namun, investor asing justru cenderung melepas portofolio saham miliknya, asing tercatat melakukan jual bersih (net sell) senilai Rp 594 miliar di pasar reguler. Dalam satu minggu angkanya bahkan lebih besar lagi yakni mencapai Rp 1,78 triliun di pasar yang sama.

Saham-saham yang paling banyak dilepas asing hari ini diantaranya PT Bank Central Asia Tbk/BBCA (Rp 253 miliar), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk/BBRI (Rp 143 m), PT Bank Mandiri Tbk/BMRI (Rp 82 m), PT Indofood CBP Sukses MakmurTbk/ICBP (Rp 41 m) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk/BBNI (Rp 40 m).

Secara teknikal, IHSG memberikan sinyal penguatan esok hari seiring terbentuknya pola lilin putih (white candle) pada grafik jenis lilin (candlestick). Selain itu, IHSG telah menembus level penghalang kenaikannya (resistance) di level 6.470.

Investor Lokal Dorong IHSG Naik 0,72%, IHSG Potensi Ke 6.500 Sumber: Refinitiv

Potensi penguatan pada perdagangan selanjutnya juga tercermin dari posisinya yang bergerak di atas nilai rata-ratanya selama lima hari terakhir (moving average/MA5).

Jika dilihat dari tingkat kejenuhannya, ruang penguatan IHSG masih terbuka karena belum memasuki fase jenuh belinya (overbought), berdasarkan indikator teknikal stochastic slow yang mengukur momentum pergerakan.

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/hps)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2UDLiEf
April 17, 2019 at 12:57AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asing Keluar, Seminggu Jelang Pilpres Obral Saham Rp 1,78 T"

Post a Comment

Powered by Blogger.