Search

Kabar Baik! China dan AS Sepaham Soal Pencurian HAKI

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk kali pertama China mengakui bahwa Amerika Serikat (AS) memiliki posisi yang kuat terkait pencurian hak kekayaan intelektual (HAKI), transfer teknologi paksa, dan peretasan siber, kata penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, Rabu (3/4/2019).

Ketiga hal tersebut selama ini menjadi pembahasan alot kedua negara dalam perundingan dagang mereka.


"Untuk kali pertama mereka mengakui bahwa hal yang kami sampaikan benar," kata Kudlow kepada wartawan dalam sebuah acara yang diadakan Cristian Science Monitor. Sebelumnya, ia mengatakan China menyanggah hal tersebut.


"Dan saya rasa (pengakuan) itu membuka perundingan yang baik," tambahnya, dilansir dari CNBC International.

Kudlow mengatakan pengakuan itu muncul dalam negosiasi dagang antara AS dan China. Ia bahkan mengatakan Presiden China Xi Jinping telah memberi sinyal kesediaannya untuk mendengarkan kecemasan AS dalam makan malam di sela-sela pertemuan G20 di Argentina saat ia bertemu Presiden Donald Trump.

Kabar Baik! China & AS Sepaham Soal Pencurian HAKIFoto: REUTERS/Kevin Lamarque/File Photo

"Presiden Xi tidak berkata "kami tidak melakukannya". Ia terbuka untuk mendengar. Dan di level yang lebih rendah, kami mendengar itu. Dan hal tersebut merupakan kemajuan yang penting," ujar Kudlow.

Kedutaan Besar China di AS tidak segera merespons permintaan berkomentar.


Masalah yang menyangkut perusahaan pembuat ponsel asal China, Huawei, tidak dibahas dalam negosiasi tersebut, menurut keterangan Kudlow. Huawei tengah menghadapi dua tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS terkait dugaan pencurian rahasia dagang dan penipuan.

"Masalah Huawei secara umum tidak dibahas dalam pembicaraan dagang," ujarnya. "Kami memandangnya sebagai kasus hukum sejauh ini." (prm)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2uIL0MP
April 04, 2019 at 01:59PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabar Baik! China dan AS Sepaham Soal Pencurian HAKI"

Post a Comment

Powered by Blogger.