Search

Trump Siap Bertemu Wakil PM China, IHSG Menghijau Lagi

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasca perdagangan kemarin (3/4/2019) diliburkan seiring dengan hari raya Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,21% pada perdagangan hari ini ke level 6.489,79. Pada pukul 9:30 WIB, IHSG telah memperlebar penguatannya menjadi 0,27% ke level 6.493,32.

Jika bertahan hingga akhir perdagangan, maka IHSG akan menghijau selama 2 hari beruntun.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,28%, indeks Shanghai naik 0,68%, indeks Straits Times naik 0,19%, dan indeks Kospi naik 0,37%.

Tema utama pada perdagangan hari ini masih seputar negosiasi dagang AS-China. Pada hari Rabu (3/4/2019) waktu setempat, Wakil Perdana Menteri China Liu He memulai negosiasi dagang dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer di Washington. Dialog tersebut rencananya akan berakhir pada hari Jumat (5/4/2019), namun bisa diperpanjang.

"Wakil Perdana Menteri Liu dan timnya akan berada di Washington selama 3 hari, atau mungkin lebih. Kami akan membahas isu yang belum pernah disentuh sebelumnya, termasuk penegakan hukum. Semua berjalan baik, semua mengarah ke jalan yang benar, tetapi kita memang belum sampai di tujuan. Kami berharap kita bisa lebih dekat ke tujuan pada pekan ini," papar Kudlow dalam acara yang digelar Christian Science Monitor, mengutip Reuters.

Perkembangan teranyar, Gedung Putih menyampaikan bahwa Presiden AS Donald Trump berencana bertemu dengan Liu He pada hari Kamis (4/4/2019) waktu setempat. Hal ini lantas semacam mengonfirmasi pernyataan dari Kudlow bahwa negosiasi dagang kedua negara sejauh ini berjalan dengan baik.

Sebagai informasi, negosiasi pada pekan ini merupakan lanjutan dari negosiasi pada pekan lalu yang digelar di Beijing. Pasca negosiasi selama 2 hari pada pekan lalu usai, China memutuskan untuk menunda kenaikan bea masuk atas produk otomotif dan suku cadang asal AS yang semestinya berlaku pada 2 April. Sejatinya, bea masuk atas produk tersebut akan naik dari 10% menjadi 25%, tetapi diputuskan ditunda.

"Langkah ini bertujuan untuk melanjutkan atmosfer positif dari perundingan kedua negara. Ini merupakan langkah konkret China untuk mendorong negosiasi perdagangan bilateral. Kami berharap AS bisa bekerja sama dengan China untuk mempercepat proses negosiasi dan mencapai tujuan menghapus ketegangan dagang," papar keterangan tertulis dari kantor Dewan Negara China, seperti dikutip dari Reuters. (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Ue8wQV
April 04, 2019 at 04:46PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Siap Bertemu Wakil PM China, IHSG Menghijau Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.