Search

Menhub Sebut Kemacetan Bukan Isu Utama Mudik Tahun ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Mudik tahun ini dinilai berbeda lantaran sejumlah ruas jalan tol di Jawa maupun Sumatera siap beroperasi. Tol baru ini siap digunakan oleh pemudik dengan kendaraan pribadi ataupun bus.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, atas pembangunan tol yang sudah siap tersebut, isu yang harus digarisbawahi untuk mudik berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Isunya bukan kemacetan tapi keselamatan," ujar Budi Karya saat melepas peserta Mudik bersama BNI di Stasiun Kereta Api, Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Foto: Mudik Bareng BNI (Yuni Astutik)

Dia juga mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk helatan tahunan ini sejak tiga bulan yang lalu. Ketika hari di mana pemudik mulai bertolak meninggalkan Jakarta, ada aturan yang juga berlaku agar mengurai kemacetan.



"Hari ini terbukti tol sangat diminati. Kita sudah buka tadi jam 8.00 one way (di Tol Trans Jawa) dan itu sangat menolong," ujarnya lagi.

Dirinya berpesan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar tak melebihi kecepatan 100 km per jam. Sementara untuk pengguna bus, diharapkan perusahaan bus terkait melakukan ramp check.



Pemudik dengan Kereta Api
Perihal pemudik dengan kereta api (KA), Budi Karya menyebut antusiasme tergolong tinggi. Apalagi pelayanan pun semakin baik dari tahun ke tahun.

"Tinggal kapasitas saja dinaikkan," kata Budi Karya.

Oleh karena itu, mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan pemerintah akan membangun KA Jakarta-Surabaya berkecepatan 100 km per jam.

"Jadi ke surabaya hanya 6 jam," ujar Budi Karya.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2MitB9q
May 30, 2019 at 10:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menhub Sebut Kemacetan Bukan Isu Utama Mudik Tahun ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.