Search

Perhatian! CA Capital Siap Borong Saham Panin Milik ANZ

Jakarta, CNBC Indonesia - Konsorsium investor yang dipimpin BCA Capital dikabarkan akan membeli saham PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau PaninBank. Salah seorang investment banker yang menjadi sumber CNBC Indonesia yang tak bersedia disebutkan namanya, menyampaikan hal tersebut secara langsung.

CA Capital dikabarkan akan membeli saham PNBN pada harga saham kisaran price to book value 1,1x. Ini merupakan bagian dari rencana divestasi saham PaninBank oleh ANZ Group.


Pada September lalu, seperti yang diberitakan Bloomberg, ANZ sudah menunjuk Morgan Stanley sebagai penasihat untuk melepas kepemilikan saham PaninBank.

Namun hingga saat ini belum jelas siapa yang akan menjadi pembeli 38,82% saham ANZ Group di Bank Panin yang tercatat atas nama Votraint No 1033 PTY Ltd.

"CA Capital itu konsorsium beberapa investor tapi di orang-orangnya merupakan investment banker dari Grup Djarum," kata sumber.

Dalam transaksi ini, jelasnya, CA Capital mendapatkan hak call option. Artinya, pada saat pemegang saham pengendali Bank Panin yaitu PT Panin Financial Tbk (PNLF) menjual kepemilikannya, maka CA Capital punya hak pertama untuk membeli.

Jadi CA Capital sudah melakukan negosiasi dengan dua pihak, ANZ Group dan Panin Financial. Hal itu mengantisipasi jika ke depan, Panin Financial punya rencana yang sama untuk melakukan divestasi.

Mendapatkan informasi ini, CNBC Indonesia segera melakukan konfirmasi dengan manajemen Bank Panin. Presiden Direktur PaninBank Herwitdayatmo mengaku belum mendapatkan informasi tersebut.

"Manajemen PaninBank tidak memperoleh informasi berkaitan dengan hal tersebut," kata Herwit, sapaan akrabnya, kepada CNBC Indonesia, Kamis (30/05/2019).

Spekulasi terkait penjualan saham ANZ ini terus merebak karena, batas waktu divestasi sudah mendekati batas akhir. Pasalnya berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/24/PBI/2012 tentang Kepemilikan Tunggal Perbankan Indonesia, badan hukum atau perseorangan yang memiliki saham lebih dari 25% pada satu bank harus menjadi pengendali.

Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana sempat mendesak agar ANZ Group segera memutuskan sikap kepemilikan saham di PaninBank.

"Itukan opsi-nya dua, dia menjadi pemegang saham pengendali (PSP) dan jual kepada orang lain... Bisa milih mereka itu," kata Heru.

Hingga perdagangan Rabu (29/05/2019) harga saham PaninBank tercatat pada level Rp 1.155/unit. Pada harga tersebut PBV saham PaninBank sekitar 0,67x.

Penjelasan Manajemen PaninBank Terkait Divestasi ANZ

(hps/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2QztdBZ
May 31, 2019 at 12:01AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatian! CA Capital Siap Borong Saham Panin Milik ANZ"

Post a Comment

Powered by Blogger.