Search

Wah! Komputer Pertama Apple Dijual Seharga Rp 6,7 Miliar

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada tahun 1976, hanya dibutuhkan beberapa ratus dolar saja untuk dapat memiliki komputer Apple-1 yang baru, atau keluaran pertama komputer pribadi yang dirancang dan dibuat sendiri oleh pendiri Apple Steve Wozniak dan Steve Jobs. Tetapi jika membeli komputer Apple-1 saat ini, kemungkinan harganya akan jauh lebih tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh rumah lelang Christie, yang baru-baru ini melelang Apple-1 buatan tahun 1976 dengan harga hampir setengah juta dolar di London. Komputer yang masih bisa bekerja itu dijual dengan harga sedikit di atas US$ 470.000 atau sekitar Rp 6,7 miliar untuk pembeli anonim, menurut Christie's.


Karena komputer Apple-1 asli tidak dijual dengan kasingnya, maka komputer yang dilelang oleh Christie dikemas dalam tas kulit yang dipasang oleh pemilik sebelumnya, kata rumah lelang itu, mengutip CNBC Make It. Komputer ini juga dilengkapi dengan keyboard bawaan dan manual pengoperasian asli untuk Apple-1, serta manual pengguna untuk menulis bahasa pemrograman komputer, atau yang disebut BASIC.


Apple-1 yang diluncurkan pada Juli 1976 itu adalah komputer desktop pertama yang dirilis oleh Apple pada tahun yang sama ketika perusahaan itu didirikan di garasi orang tua Steve Jobs. Wozniak membuat sendiri 200 komputer Apple-1 yang diproduksi perusahaan. Komputer itu dijual seharga US$ 666,66 masing-masingnya dan Wozniak juga dilaporkan sebagai orang yang memberi preferensi untuk pengulangan angka dalam harga itu.

Pada tahun 1977, Apple merilis versi terbaru dari komputer desktopnya, Apple-II, dan menghentikan produksi Apple-1 setelah hanya memproduksi beberapa ratus komputer. Banyak dari 200 komputer itu diyakini telah dihancurkan. Apple-II kemudian menjadi komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial di pasar, terjual antara lima hingga enam juta komputer selama lebih dari satu dekade.

Wah! Komputer Pertama Apple Dijual Rp 6,7 MiliarFoto: REUTERS/File Photo

Tetapi, karena sedikitnya jumlah Apple-1 yang ada, komputer itu jarang ditemukan di pasar terbuka, terutama dalam kondisi masih bekerja, dan itu membuatnya cukup berharga bagi siapa pun yang ingin mengetahui sepotong sejarah teknologi. Saat ini ada 15 Apple-1 dalam koleksi publik, termasuk museum, seperti Museum Seni Smithsonian di Washington, D.C, menurut Christie.

Pada 2013, Christie menjual Apple-1 pertama yang ditandatangani oleh Wozniak di lelang seharga US$ 387.750, sementara Apple-1 lainnya bahkan dijual lebih mahal. Pada 2014, Henry Ford Museum membayar US$ 905.000 untuk satu Apple-1, sedangkan pendiri perusahaan kosmetik Glamglow membayar US$ 815.000 untuk prototipe Apple-1 langka yang dibuat oleh Jobs dan Wozniak pada 2016.

Apple-1 yang dijual oleh Christie's minggu lalu ini sebelumnya dimiliki oleh seorang penggemar komputer bernama Rick Conte, yang membelinya pada tahun 1977 untuk belajar BASIC dan kemudian menyumbangkannya ke Maine Personal Computer Museum pada tahun 2009. Sejak saat itu, komputer tersebut dijual ke berbagai pemilik pribadi sebelum mendarat di Christie's untuk dilelang, kata rumah lelang itu.

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2KdveCv
May 29, 2019 at 08:12PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wah! Komputer Pertama Apple Dijual Seharga Rp 6,7 Miliar"

Post a Comment

Powered by Blogger.