Search

IndoXXI Resmi Tutup Malam Ini Pukul 00.00 WIB

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Informasi dan Informatika (Kemkominfo) memiliki fokus memblokir situs streaming film ilegal untuk melindungi hak cipta. Alhasil, situs populer IndoXXI pun bakal menutup layanan per 1 Januari 2020 atau malam ini pukul 00.00 WIB.

Dalam keterangannya di situsnya, IndoXXI menyebutkan bahwa penutupan ini dilakukan demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air.


"Sangat berat hati harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah ari, semoga ke depan akan menjadi lebih baik. Salam INDOXXI," tulis pengelola.

Dalam penelusuran CNBC Indonesia, Senin (30/12/2019), film-film yang dipajang di IndoXXI sudah tidak bisa lagi diputar. Error muncul ketika CNBC Indonesia mencoba memutar film di IndoXXI, terkadang muncul laman Google tentang situs tersebut.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengatakan akan memberantas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), dengan menutup layanan streaming film ilegal lainnya seperti Indo XXI.

"Situs terpaksa di-take down karena menggunakan situs secara salah. Negara kita menghormati kekayaan intelektual," ujarnya.

Para pembuat film menghasilkan cuan dari royalti penayangan film secara resmi. Film bajakan yang tidak ditayangkan di IndoXXI tidak resmi dan tidak membayar royalti.

Johnny Plate menambahkan pemerintah juga ingin mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam negeri serta tak ingin Indonesia dituntut karena maraknya pembajakan.

"Kalau bajak terus, negara kita masuk daftar negatif negara lain," terangnya.

Perlu diketahui, survei terbaru YouGov mengungkap kebiasaan netizen dalam mengkonsumsi film. Ternyata 63% warganet di Indonesia menonton situs web streaming atau situs torrent. Sebagian besar menonton situs IndoXXI.

Survei yang ditugaskan Coalition Against Piracy (CAP) menunjukkan 35% pengguna ISD mengakses situs IndoXXI. Sebagian besar pengakses situs ini berada dalam usia 18-24 tahun.

Lainnya, 29% menggunakan TV box yang dapat digunakan untuk melakukan streaming konten televisi dan video atau film bajakan.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2QBdLFw
December 31, 2019 at 02:18PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IndoXXI Resmi Tutup Malam Ini Pukul 00.00 WIB"

Post a Comment

Powered by Blogger.