Search

Dikepung Isu Resesi AS sampai Harga Minyak, Rupiah Lesu

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah sepanjang pekan ini. Isu resesi AS menjadi faktor utama penekan mata uang Tanah Air.

Sepanjang pekan ini, rupiah melemah 0,53% di hadapan dolar AS. Mata uang Negeri Paman Sam kembali menyentuh kisaran Rp 14.200.

Isu besar yang membayangi gerak rupiah sepanjang pekan ini adalah ancaman resesi di AS. Kekhawatiran mengenai resesi datang dari perkembangan di pasar obligasi pemerintahan Presiden Donald Trump.

Sejak akhir pekan sebelumnya, imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS mengalami inversi di tenor 3 bulan dan 10 tahun. Yield untuk tenor 3 bulan lebih tinggi ketimbang yang 10 tahun, dan itu tidak normal. Artinya investor menilai risiko yang dihadap dalam waktu dekat lebih tinggi dibandingkan jangka panjang.

Kecemasan ini membuat investor mencari selamat masing-masing dengan berlindung di aset aman (safe haven). Apapun yang terjadi, dolar AS adalah salah satunya.

Tingginya permintaan terhadap dolar AS membuat mata uang ini menguat tajam. Sepanjang pekan ini, Dollar Index (yang menggambarkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) melesat dengan penguatan 0,65%.

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2JShqi8
March 31, 2019 at 05:54PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dikepung Isu Resesi AS sampai Harga Minyak, Rupiah Lesu"

Post a Comment

Powered by Blogger.