Search

Rupiah Menguat Nyaris 1% pada Kuartal I, ke Depan Bagaimana?

Jakarta, CNBC Indonesia - Rupiah mencatatkan kinerja yang cukup baik pada kuartal I-2019. Namun bukan berarti rupiah boleh berleha-leha, karena tantangan ke depan masih berat.

Meski pekan ini melemah 0,53%, tetapi rupiah masih boleh sombong sedikit karena dihitung sejak awal tahun sampai akhir Maret alias kuartal I mampu menguat nyaris 1% di hadapan dolar Amerika Serikat (AS). Dalam periode yang sama tahun lalu, rupiah melemah 1,44%.

Pada awal-awal 2019, investor sempat jenuh pada dolar AS yang menjadi raja mata uang 2018. Apalagi bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) diperkirakan tidak seagresif tahun lalu yang menaikkan suku bunga acuan sampai empat kali. Bahkan dalam dot plot terbaru, Jerome 'Jay' Powell dan sejawat diperkirakan tidak akan menaikkan Federal Funds Rate sampai akhir tahun.

Rupiah Perkasa Nyaris 1% pada Kuartal I, ke Depan Bagaimana?Dot Plot The Fed (federalreserve.gov)

Rupiah yang melemah sekitar 5% sepanjang 2018 (terlemah kedua di Asia setelah rupee India) tiba-tiba menjadi menarik. Berbagai lembaga investasi merekomendasikan aset-aset berbasis rupiah karena sudah melemah tajam pada 2018, sehingga menjanjikan technical rebound.
Akan tetapi, rupiah tidak boleh lengah karena mengalami tren pelemahan sejak awal Februari. Dari awal tahun sampai 6 Februari, rupiah meroket 3,19% dan berhasil mendorong dolar AS ke bawah Rp 14.000. Namun sejak 7 Februari hingga 29 Maret, rupiah melemah 2,28%.

Selepas kuartal I, ketidakpastian masih menghantui perjalanan rupiah. Mungkin perkara kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Sentral AS (The Federal/Reserve/The Fed) sudah tidak perlu direken lagi, tetapi bukan berarti dunia otomatis menjadi indah.

Setidaknya ada dua sentimen eksternal yang patut dicermati ke depan. Apa saja itu?

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UoQZEQ
March 31, 2019 at 07:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Menguat Nyaris 1% pada Kuartal I, ke Depan Bagaimana?"

Post a Comment

Powered by Blogger.