Search

AS-Korut No Deal, Asing Bawa Kabur Rp 929 M dari Pasar Saham

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Indonesia terus berada dalam tekanan pada perdagangan hari ini. Pasca mengakhiri sesi I dengan pelemahan sebesar 1,12% ke level 6.452,82, koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kini menjadi makin dalam yakni 1,31% ke level 6.440,01.

IHSG senasib dengan bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan melemah: indeks Nikkei turun 0,79%, indeks Shanghai melemah 0,44%, indeks Hang Seng terkoreksi 0,45%, indeks Straits Times jatuh 0,99%, dan indeks Kospi anjlok 1,76%.

Investor asing memegang peranan penting dalam mendorong penurunan IHSG. Hingga berita ini diturunkan, investor asing membukukan jual bersih senilai Rp 643 miliar. Padahal per akhir sesi I, investor asing masih membukukan beli bersih senilai Rp 286 miliar.

Ini artinya, dalam waktu yang relatif singkat, investor asing membawa keluar Rp 929 miliar dari pasar saham tanah air.

Pelemahan rupiah memantik aksi jual yang dilakukan investor asing. Kini, rupiah melemah 0,26% di pasar spot ke level Rp 14.062/dolar AS. Beberapa waktu yang lalu, pelemahan rupiah sempat mencapai 0,36% ke level Rp 14.075/dolar AS.

Hasil dari pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang mengecewakan membuat investor mencari perlindungan ke dolar AS yang merupakan safe haven.

Beberapa saat yang lalu, Trump selesai menggelar konferensi pers pasca pertemuannya dengan Kim diakhiri lebih cepat tanpa ada kesepakatan apapun yang ditandatangani. Padahal, sebelumnya Gedung Putih mengatakan bahwa kedua pimpinan negara akan menghadiri penandatangan perjanjian bersama pada sore hari waktu setempat.

Dari konferensi pers Trump, diketahui bahwa Korea Utara hanya bersedia untuk melakukan denuklirisasi di beberapa area yang dianggap tak begitu signifikan oleh AS. Sebagai gantinya, Korea Utara meminta seluruh sanksi yang telah dibebankan oleh AS untuk dicabut.

"Terkadang Anda harus meninggalkannya, dan ini hanyalah salah satu dari waktu tersebut.... Ada sebuah perbedaan (dengan Korea Utara)," kata Trump dalam konferensi pers.

Lantas, hubungan antara AS dan Korea Utara bisa sewaktu-waktu memanas lagi.

5 besar saham yang dilepas oleh investor asing adalah: PT Astra International Tbk/ASII (Rp 335,6 miliar), PT United Tractors Tbk/UNTR (Rp 119,5 miliar), PT JAPFA Tbk/JPFA (Rp 97,7 miliar), PT Kalbe Farma Tbk/KLBF (Rp 44,1 miliar), dan PT Pan Brothers Tbk/PBRX (Rp 32,6 miliar).

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EC4cla
February 28, 2019 at 10:44PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS-Korut No Deal, Asing Bawa Kabur Rp 929 M dari Pasar Saham"

Post a Comment

Powered by Blogger.