Search

Trump Ancam Bisa Batalkan Negosiasi Dagang AS-China

Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan dirinya bisa saja mengabaikan perundingan dagang dengan China bila proses itu tidak berjalan cukup baik.

AS dan China telah saling mengenakan bea impor terhadap berbagai produk senilai ratusan miliar dolar sejak tahun lalu dan menyebabkan pasar keuangan global bergejolak, mengganggu rantai pasokan manufaktur, dan menyusutkan ekspor pertanian AS.


"Saya selalu siap untuk berjalan pergi," kata Trump di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019), setelah mengakhiri pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tanpa kesepakatan apapun.


"Saya tidak pernah takut untuk meninggalkan sebuah kesepakatan. Dan saya akan melakukannya terhadap China juga bila [perundingan] itu tidak berjalan lancar," tambahnya, dilansir dari Reuters.

Trump Ancam Bisa Batalkan Negosiasi Dagang AS-ChinaFoto: Presiden AS Donald Trump naik Angkatan Udara Satu setelah pertemuan puncaknya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di Bandara Internasional Noi Bai di Hanoi, Vietnam, 28 Februari 2019. (REUTERS / Leah Millis)

Trump pada hari Minggu mengatakan akan menunda kenaikan bea impor terhadap produk China yang seharusnya berlaku awal Maret karena pembicaraan kedua negara disebutnya telah mengalami kemajuan.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada Kamis mengatakan banyak kemajuan yang sudah dicapai namun ia menambahkan bahwa kesepakatan itu belum selesai dibahas.

Saksikan pernyataan Trump mengenai perundingan dagang AS-China berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EDX9Zc
March 01, 2019 at 06:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Ancam Bisa Batalkan Negosiasi Dagang AS-China"

Post a Comment

Powered by Blogger.