Search

Ingin Bergaji Rp 25 Juta - Rp 100 Juta? Pilih Kerjaan Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Bekerja di perusahaan startup atau perusahaan rintisan kini menjadi impian bagi generasi milenial. Sistem kerja yang fleksibel dan gaji yang besar begitu menggiurkan bagi para milenial. Menjamurnya perusahaan start up tentu jadi incaran. 

Dalam laporan tahunan The Michael Page Salary Benchmark, kebutuhan akan talenta di bidang digital diprediksi akan meningkat 30-40% per tahun. Tren kebutuhan perekrutan terbesar adalah talenta digital dan fintech experience. Kebutuhan ini tumbuh seiring berkembangnya peer to peer lending dan bank ingin menjangkau masyarakat yang unbanked.

Ketua Asosiasi e-commerce Indonesia (iDEA) Ignasius Untung mengatakan tenaga ahli dengan gaji terbesar di perusahaan startup adalah chief technology officer (CTO).


"Gaji CTO bisa Rp 100 juta ketika baru mulai bekerja. Bila gunakan tenaga ahli asing gajinya bisa lebih tinggi 50% jadi Rp 150 juta per bulan," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/2/2019).


Selanjutnya, product manager, tenaga ahli ini bisa digaji Rp 25 juta pada awalnya. Kemudian setiap tahun gaji meningkat.

Lalu sofware engineering. Untuk tahap awal atau baru lulus akan digaji Rp 5 juta per bulan. Setahun kemudian kenaikan gaji bisa sampai Rp 7 juta.

Ignasius Untung menambahkan jenjang karir untuk bisa menjadi CTO harus dimulai dari software engineer junior kemudian naik menjadi software engineer senior, setelahnya baru menjadi CTO.

Sedangkan untuk menjadi product manager jenjang kariernya adalah product ecxecutive. Gaji awalnya Rp 7 juta per bulan. Kemudian menjadi product manager dan akhirnya chief product officer (CPO).

"Untuk jadi product manager dibutuhkan waktu 2 tahun. Pas jadi manajer gajinya Rp 25 juta. Kalau bagian data gajinya mirip software engineer," jelas ignasius Untung.

Ingin Bergaji Rp 25 Juta - Rp 100 Juta? Pilih Kerjaan IniFoto: infografis/infografis pekerjaan di perbankan yang akan hilang karena teknologi/Aristya Rahadian Krisabella

"Kenaikan gaji mereka rata-rata 10%-20% per tahun kalau tenaga ahli spesial bisa 30%. Tetapi kalau pindah kantor rata-rata naiknya 20% hingga ratusan persen tetapi jarang ratusan. Rata-rata naik 20% hingga 50%," terang Ignasius Untung.

Sayangnya, kata Ignasius, tenaga ahli paling langka adalah bagian product management. "Belum ada kampus di Indonesia jurusan ini. Tenaga kerja asing paling banyak di product engineer," terang Ignasius Untung.

Mengutip Michael Page Salary Benchmark berikut daftar gaji para kerja di bidang teknologi dan ekonomi digital. Head of Data Analytics dengan gaji minimal Rp 68 juta per bulan dan maksimal Rp 86 juta per bulan.

Lalu Developer manager dengan gaji minimal Rp 25 juta per bulan dan maksimal Rp 35 juta per bulan. Engineer bergaji minimal Rp 25 juta per bulan dan maksimal Rp 35 juta per bulan.

Engineer bergaji minimal Rp 25 juta dengan maksimal Rp 35 juta. Senior engineer bergaji minimal Rp 30 juta dan maksimal Rp 40 juta. Product manager bergaji Rp 35 juta hingga Rp 45 juta. Chief of IT bergaji Rp 59 juta hingga Rp 84 juta per bulannya.

Dalam riset tersebut Michael Page memperkirakan akan ada kenaikan gaji antara 15% hingga 25% jika memilih pindah ke perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. 

Saksikan video tentang mereka yang berada di balik startup unicorn Indonesia di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2IF8Kvd
February 27, 2019 at 05:16PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Bergaji Rp 25 Juta - Rp 100 Juta? Pilih Kerjaan Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.