Search

Apa Kabar Program Sejuta Rumah A la Jokowi?

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki Program Sejuta Rumah yang dicanangkan sejak 29 April 2015. Namun, sejak digagas, program itu baru mencapai target pada 2018 lalu.

Berdasarkan penjelasan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, rumah terbangun sepanjang tahun lalu telah mencapai 1.041.323 unit. Peningkatan itu tercapai November 2018.

Sebelumnya, sejak dilaksanakan, program itu belum pernah berhasil mencapai target. Misalnya pada 2015, Program Sejuta Rumah baru tercapai 699.770 unit. Pada 2016, pencapaian program itu naik menjadi 805.169 unit. Sementara itu, program itu berhasil mencapai 700 ribu unit per 2017.

Apa Kabar Program Sejuta Rumah A la Jokowi?Foto: Ilustrasi Rumah Bersubsidi (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Bagaimana dengan tahun ini?

"Tahun ini sudah mungkin akhir Februari lalu 120-an ribu," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Hal itu meliputi rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun yang non-MBR.


Kendati demikian, Khalawi menyebut ada gejala pengembang menahan stok lantaran menunggu harga.

"Nah ini enggak betul. Padahal harga keluarnya kapan. Saya imbau kepada semua pengembang agar ayolah untuk MBR jangan... dengan harga yang ada sekarang, laksanakan seperti biasa," katanya.

"Karena dengan harga sekarang masih bisa jalan. Tapi sedang digodok perubahan harga sedang diusulkan dari PUPR ke Kemenkeu sedang harmonisasi. Semoga keluar hari ini, ini untuk dua tahun 2019 dan 2020. Saya minta untuk teman-teman asosiasi dan pengembang untuk ayo semangat lagi untuk mendukung Program Sejuta Rumah," ujar Khalawi.

Simak video terkait program Kementerian PUPR memperluas FLPP di bawah ini.
[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2SG2oLJ
March 04, 2019 at 08:38PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Kabar Program Sejuta Rumah A la Jokowi?"

Post a Comment

Powered by Blogger.