Search

Pertemuan Trump-Kim Dimulai, Bursa Saham Asia Menghijau

Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas bursa saham utama kawasan Asia dibuka menguat pada perdagangan hari ini: indeks Nikkei naik 0,26%, indeks Hang Seng naik 0,21%, indeks Straits Times naik 0,01%, dan indeks Kospi naik 0,35%.

Pasca diterpa aksi ambil untung pada perdagangan kemarin (26/2/2019), kini appetite investor untuk mengoleksi instrumen berisiko kembali bangkit. Pelaku pasar optimistis dalam menyambut pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang akan digelar di Vietnam pada hari ini hingga esok hari.

Pasca keduanya melakukan pertemuan di Singapura pada tahun lalu, hubungan antara AS dan Korea Utara bisa dibilang pasang-surut. Korea Utara beberapa kali mengeluarkan pernyataan keras, menolak melakukan denuklirisasi tanpa adanya kompensasi apapun dari pihak AS.

Dalam pertemuan ini, pelaku pasar berharap akan ada kejelasan terkait dengan arah denuklirisasi oleh pihak Korea Utara.

Lebih lanjut, rilis data ekonomi yang relatif oke juga membuat mood pelaku pasar bangkit. Kemarin, ekspor Hong Kong periode Januari 2019 diumumkan turun tipis sebesar 0,4% YoY, jauh membaik dibandingkan capaian pada Desember 2018 yakni kontraksi hingga 5,8% YoY. Sementara itu, impor melemah 6% YoY, juga membaik dari capaian pada Desember 2018 yakni pelemahan sebesar 7% YoY.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/ank)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Vq5llw
February 27, 2019 at 04:13PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertemuan Trump-Kim Dimulai, Bursa Saham Asia Menghijau"

Post a Comment

Powered by Blogger.