Search

Rupiah Terkulai, IHSG 'Diseret' ke Zona Merah

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,14% pada perdagangan hari ini. Pada pukul 9:25 WIB, pelemahan IHSG sudah melebar menjadi 0,17% ke level 6.530,13.

IHSG melemah kala seluruh bursa saham utama kawasan Asia ditransaksikan menguat: indeks Nikkei naik 0,49%, indeks Shanghai naik 0,84%, indeks Hang Seng naik 0,41%, indeks Straits Times naik 0,24%, dan indeks Kospi naik 0,15%.

Pasca diterpa aksi ambil untung pada perdagangan kemarin (26/2/2019), appetite investor untuk mengoleksi instrumen berisiko di kawasan Asia kembali bangkit. Pelaku pasar optimistis dalam menyambut pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang akan digelar di Vietnam pada hari ini hingga esok hari.

Pasca keduanya melakukan pertemuan di Singapura pada tahun lalu, hubungan antara AS dan Korea Utara bisa dibilang pasang-surut. Korea Utara beberapa kali mengeluarkan pernyataan keras, menolak melakukan denuklirisasi tanpa adanya kompensasi apapun dari pihak AS.

Dalam pertemuan ini, pelaku pasar berharap akan ada kejelasan terkait dengan arah denuklirisasi oleh pihak Korea Utara.

Sekedar mengingatkan, ribut-ribut AS-Korea Utara seringkali membuat bursa saham dunia terkoreksi. Sejauh ini, perang dagang dengan China terbukti sudah membuat laju perekonomian AS melambat. Jika berbicara mengenai perang senjata nuklir dengan Korea Utara, dipastikan dampaknya akan lebih parah.

Wajar jika prospek perdamaian AS-Korea Utara cukup untuk membuat bursa saham Asia menguat. (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EgV300
February 27, 2019 at 04:42PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Terkulai, IHSG 'Diseret' ke Zona Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.